Jakarta (ANTARA) - Menanggapi kekhawatiran publik yang berkembang terkait dibukanya replika sementara serial drama Netflix "Squid Game", Metro Seoul telah menutup pengoperasian set Ogame World pada Sabtu (25/9), sehari lebih awal dari tanggal penutupan yang dijadwalkan.

Dikutip dari Korean Herald, Senin, lokasi syuting "Squid Game" yang terletak di ruang tunggu bawah tanah stasiun tersebut dibuka sejak awal bulan September lalu. Dibukanya lokasi itu bertujuan untuk mempromosikan drama asli Netflix tersebut. 

Sayangnya setelah drama tersebut mendapatkan popularitas yang luar biasa sejak dirilis pada 17 September, kontroversi mengenai aturan karantina pun muncul di Korea Selatan. Sejak dibukanya lokasi "Squid Game", banyak warga yang mengklaim bahwa aturan jarak sosial tidak diikuti dengan benar di lokasi tersebut.

"Saya menikmati konsep set yang interaktif, dengan beberapa staf yang mengenakan topeng yang sama dengan penjaga yang muncul di seri sebenarnya. Tapi saya perhatikan pengunjung tampak enggan menggunakan hand sanitizer yang diletakkan di antara permainan," komentar salah satu netizen melalui media sosial.

Menanggapi banyaknya komentar dari masyarakat, Metro Seoul pun telah memberikan pernyataannya dan mengambil tindakan.

"Kami memberikan persetujuan kepada tim untuk mengoperasikan (set) selama mereka mematuhi aturan karantina seperti menjaga pedoman jarak sosial dan memakai masker setiap saat," jelas seorang pejabat dari Metro Seoul.

Lebih lanjut Metro Seoul mengatakan, set dikabarkan telah didesinfeksi secara ketat sebelum dan sesudah operasi setiap hari sejak pertama dibuka. Namun, lokasi tersebut harus ditutup lebih awal dari jadwal karena popularitas drama yang tak terduga.

"Squid Game" telah berhasil meraih kesuksesan di 14 negara termasuk Korea, Amerika Serikat, Vietnam, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Singapura. Drama tersebut juga merupakan serial Korea pertama yang berhasil menduduki peringkat pertama di Netflix AS menurut FlixPatrol.

Baca juga: "Squid Game" sukses besar, Netflix siap rilis 10 drama Korea terbaru

Baca juga: "Squid Game" cetak sejarah di Netflix Amerika Serikat

Baca juga: Netflix hadirkan K-Content Land dengan beragam genre


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021