Ternate (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, dan Menegpora Andi Malarangeng, dijadwalkan akan menghadiri pelantikan Muhammad Kasuba dan Rusdan Haruna sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan di Labuha 17 Januari mendatang.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Halsel, Muhammad Ismail, di Ternate Jumat mengatakan, kehadiran ketiga Menteri tersebut dalam kapasitas utusan dari parpol yang mendukung pasangan Kasuba/Rusdan pada pilkada Halsel Oktober 2010.

Muhammad Kasuba yang juga Bupati Halsel periode 2005-2010 bersama pasangannya Rusdan Haruna dalam Pilkada diusung partai koalisi PKS, PKB dan Demokrat.

"Pemkab Halsel sudah mengundang ketiga Menteri tersebut melalui DPP partai masing-masing, dan sudah ada lampu hijau kalau mereka akan hadir pada pelantikan Bupati Halsel tanggal 17 Januari 2011 mendatang," katanya.

Kehadiran ketiga Menteri tersebut akan dimanfaatkan oleh Pemkab Halsel untuk menyampaikan berbagai program pembangunan yang terkait dengan kewenangan ketiga Menteri itu.

Ia mengatakan, program pembangunan yang akan diajukan kepada Menteri Pertanian diantaranya mengenai pengembangan berbagai tanaman perkebunan, khususnya yang menjadi prioritas Pemkab Halsel, seperti pengembangan kelapa, pala, cengkeh dan kakao.

Pemkab juga akan mengajukan pada Menteri Pertanian soal penanganan serangan hama sexava pada tanaman perkebunan rakyat di Halsel, karena serangan hama itu belakangan ini semakin mengganas dan telah menurunkan produktifitas tanaman kelapa rakyat.

Sedangkan program pembangunan yang akan diajukan kepada Menegpora diantaranya mengenai pembangunan sarana olahraga di Halsel dan kelanjutan pembangunan gelanggang olahraga yang saat ini dibangun di Kota Labuha.

(KR-AF/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011