Saham Hong Kong menguat terangkat energi dan kebutuhan pokok konsumen

Saham Hong Kong menguat terangkat energi dan kebutuhan pokok konsumen

Seorang pejalan kaki melihat layar pergerakan perdagangan saham Indeks Hang Seng di Hong Kong, China. ANTARA/REUTERS/Bobby Yip/am.

Hong Kong (ANTARA) - Indeks saham Hong Kong berakhir sedikit menguat pada perdagangan Senin, terangkat oleh saham sektor energi dan kebutuhan pokok konsumen, sementara krisis listrik di China daratan mengirim saham sektor industri berat lebih rendah.

Indikator utama Bursa Efek Hong Kong, Indeks Hang Seng (HSI) naik tipis 0,07 persen atau 16,62 poin menjadi ditutup pada 24.208,78 poin, sedangkan Indeks China Enterprises turun 0,25 persen atau 21,17 poin menjadi menetap di 8.583,82 poin.

Sub-indeks energi terangkat 2.0 persen, dengan perusahaan minyak dan gas utama China, CNOOC Ltd, melonjak 5,1 persen di tengah rencana pencatatan di Shanghai, menjadikannya pencetak untung terbesar dalam Indeks Heng Seng.

Sub-indeks konsumen, sub-indeks perawatan kesehatan, dan sub-indeks keuangan masing-masing bertambah 1,1 persen, 0,9 persen dan 0,4 persen.

Saham HSBC meningkat 1,5 persen karena pelepasan seorang eksekutif di perusahaan telekomunikasi Huawei memicu harapan bank global akan mendapat manfaat dari berkurangnya ketegangan antara Amerika Serikat dan China.

Sub-indeks yang melacak saham-saham material berakhir anjlok 3,1 persen karena krisis listrik China, yang disebabkan oleh pasokan batu bara yang ketat dan standar emisi yang semakin ketat, telah memicu kontraksi di industri berat di beberapa wilayah.

Indeks yang melacak saham-saham gaming yang tercatat di Hong Kong anjlok 4,2 persen karena langkah-langkah pencegahan pandemi Makau diperkirakan akan tetap berlaku sampai setelah Pekan Emas Hari Nasional, yang secara tradisional merupakan musim puncak untuk perjalanan dan perjudian Makau.

Saham unit mobil listrik China Evergrande juga terpuruk 9,4 persen setelah memperingatkan menghadapi masa depan yang tidak pasti kecuali menerima suntikan uang tunai yang cepat dan mengatakan tidak akan melanjutkan rencana untuk menerbitkan saham RMB (renminbi).

Baca juga: Saham Hong Kong jatuh setelah bunga obligasi Evergrande belum dibayar
Baca juga: Saham Hong Kong ditutup melonjak, terkerek saham real estat
Baca juga: Saham Hong Kong bangkit dari terendah satu tahun, HSI naik 0,51 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Waskita Karya jual saham tol di Sumut ke investor Hong Kong Rp824 miliar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar