PON Papua

Bupati Pasaman beri motivasi untuk atlet yang akan tampil di PON Papua

Bupati Pasaman beri motivasi untuk atlet yang akan tampil di PON Papua

Bupati Pasaman Benny Utama (kedua kiri) dan atlet atletik Erit Matherit. ANTARA Sumbar/HO-Kominfo Pasaman

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, Sumatera Barat, Benny Utama memberikan motivasi sekaligus melepas empat atlet, yang diwakili dua atlet dan satu pelatih, yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

Selain Bupati Pasaman, turut hadir pula dalam acara pelepasan atlet tersebut, yakni pelatih atletik Edi Warman, atlet atletik Erit Matherit, atlet menembak Arnizal, Wakil Ketua Perbakin Sumbar Kombes Pol Drs. Joni Suroto, Kapolres Pasaman AKBP Dedi Nur Andriansyah dan Ketua Umum KONI Pasaman Tommy Irawan beserta para pengurus dan lainnya.

"Saya rasa persiapan teknis sudah maksimal untuk meraih medali emas. Namun perlu diingat, disamping aspek teknis, yang lebih penting adalah kesiapan mental tarung dan pengendalian diri," kata Benny Utama di Lubuk Sikaping, Senin. 

Ia pun menaruh harapan besar terhadap para atlet untuk meraih hasil maksimal dan prestasi tertinggi, serta selalu menjaga nama baik Pasaman.

Baca juga: Kontingen Sumatera Barat disambut luar biasa hangat di Jayapura 

Sementara itu, Wakil Ketua Pengda Perbakin Sumatera Barat Kombes Pol. Johni Soeroto mengatakan prosesi pelepasan atlet di Pasaman berlangsung luar biasa karena merupakan wujud penghargaan pemerintah daerah kepada para atletnya.

Ia berpesan kepada para atlet agar tidak merasa tertekan, walaupun pasti ada perasaan berdebar-debar karena mereka menjadi harapan warga Pasaman. 

Selain itu, ia juga meminta agar para atlet melepaskan kekhawatiran dan rasa tertekan mereka saat bertanding di Papua nanti.

"Saya datang, saya bertanding dan saya menang. Jaga kebanggaan, namun jangan sombong. Peluklah harapan masyarakat Sumatera Barat. Bertanding bukanlah dengan lawan, namun melawan diri sendiri. Kalaupun belum berhasil nantinya, jangan pendam rasa kecewa yang mendalam," pesan Johni.

"Saat ini, situasi di Papua memang belum terlalu kondusif, namun jangan khawatir karena aparat sudah siap dengan kondisi yang ada," tambahnya.

Baca juga: Kontingen PON Sumbar disambut Ikatan Keluarga Minang di Mimika 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI Pasaman Tommy Irawan mengatakan ada empat atlet Pasaman dan satu pelatih yang akan berangkat ke Papua, antara lain Erik Mahiret (atlet atletik), Arnizal (atlet menembak), Jailani Jonsil (atlet taekwondo), Pauma Defril (atlet atletik) dan Ediwarman (pelatih atletik).

"Berhasilnya sejumlah atlet Pasaman mewakili Sumbar di PON XX Papua bukan didapat dengan mudah dan tidak serta merta, namun butuh kerja keras dan waktu yang panjang," tutur Tommy.

Ia menyebutkan satu atlet taekwondo, yakni Jailani Jonsil, berangkat menuju Papua pada hari ini, Senin, pukul 10.00 WIB.

"Kami berharap, mohon doanya kepada masyarakat Pasaman dan Sumatera Barat agar kami kembali dengan membawa nama baik Sumbar," harap Tommy. 

Baca juga: KONI Pasaman minta masyarakat dukung atlet yang berlaga di PON Papua 
Baca juga: Sumbar targetkan dua emas dari atletik di PON Papua 

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wagub Sumbar imbau masyarakat tidak ragukan vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar