Liga 1 Indonesia

Barito Putera raih kemenangan perdana usai kalahkan PSM Makassar

Barito Putera raih kemenangan perdana usai kalahkan PSM Makassar

Arsip - Pesepakbola PS Barito Putera Baimatov (kiri) menghentikan pergerakan pesepakbola PSM Makassar Pluim (tengah) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/9/2021). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

Jakarta (ANTARA) - Kesebelasan Barito Putera akhirnya meraih kemenangan perdana di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2021 setelah di pekan kelima mengalahkan PSM Makassar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin dengan skor 2-0.

Selama 15 menit pertama, Laskar Antasari yang diasuh Djadjang Nurdjaman tampak gencar menggedor barisan pertahanan PSM, namun belum bisa membobol gol lawan.

Memasuki menit ke-16, Juku Eja mulai membangun serangan ke gawang Barito Putera yang menciptakan sejumlah peluang antara lain, Wiljan Pluim dengan tendangannya yang mepet tipis dari tiang gawang di menit ke-28 setelah dipasok umpan oleh Ilham Udin.

Di menit ke-36, Pluim kembali memiliki peluang setelah melesat tanpa pengawalan ke depan gawang lawan, namun masih gagal mencetak gol.

Baca juga: Djanur: tiga kekalahan dari empat laga Liga 1 pukul Barito Putera
Baca juga: PSIS tahan imbang Arema FC 0-0


Kemelut di mulut gawang Barito Putera juga sempat terjadi di menit akhir babak pertama, tetapi skor kacamata belum terpecahkan.

Memasuki babak kedua, Barito Putera langsung tampil agresif dengan serangannya yang mampu menjebol gawang PSM di menit ke-47.

Umpan silang Bagas Kaffa mampu diselesaikan apik lewat sundulan Aleksandar Rakic yang membuat Barito Putera unggul 1-0.

Barito Putera kembali menambah keunggulan dengan tendangan plesing Rafael Oliveira yang tak mampu diredam kiper Syaiful Syamsuddin di menit ke-59 sehingga menambah skor menjadi 2-0.

Suasana pertandingan menjadi semakin panas sehingga sempat terjadi insiden antar pemain, yakni Rafael dengan M Arfan yang membuat keduanya diganjar kartu kuning di menit ke-70.

Hampir bersamaan, ketegangan juga terjadi di bench yang membuat satu asisten pelatih Barito Putera dan Pelatih PSM Milomir Seslija turut diganjar kartu kuning oleh wasit.

Pasca-unggul dua gol, Barito Putera langsung bermain aman dengan merapatkan pertahanan dan jarang mengambil inisiatif serangan ke gawang lawan.

Sedangkan PSM Makassar terus mencoba membongkar pertahanan lawan dan mendapatkan sejumlah peluang meski tak mampu membuahkan gol hingga babak kedua usai.

Dalam empat pertandingan sebelumnya, Barito Putera diketahui belum sekalipun menang, dengan raihan satu seri dan tiga kali kalah sehingga kemenangan ini merupakan kemenangan perdananya di Liga 1 2021.

Baca juga: Lombok FC targetkan promosi Liga 1 di 2024
Baca juga: Dejan minta pemain PSS fokus persiapan lawan Persebaya


Berikut susunan pemain laga Barito Putera versus PSM Makassar:

Barito Putera:

M Riyandi; Azamat Baimatov, Dandi Maulana, M Rifqy, Bayu Pradana, Lutfhi Kamal, M Buyung, Rafael Oliveira, Aleksandar Rakic, Bagas Kaffa, Beni Oktovianto.

Cadangan:

Aditya Harlan, Miftah Sani, Yuswanto, Alif Jaelani, C Rumbiak, M Firly, M Rafi, Ferdiansyah, Kahar, Rafly.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman.


PSM Makassar:

Syaiful; Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Rasyid Bakrie, Sutanto Tan, Wiljan Pluim, Anco Jansen, Ilham Udin, Yacob Sayuri.

Cadangan:

M Reza, Abdul Rahman, Dolly Gultom, Syahrul Mustofa, M. Arfan, Fajar Handika, M Rian, M Rizky, Saldy, Serif Hasic.

Pelatih: Milomir Seslija.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gubernur Kalsel: Warisi nilai juang dan semangat para pahlawan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar