PON Papua

Panitia: Jambi kemungkinan mundur dari bola basket putri 5X5 PON Papua

Panitia: Jambi kemungkinan mundur dari bola basket putri 5X5 PON Papua

Stadion tertutup (Indoor) di Mimika Sport Complex akan digunakan untuk menggelar pertandingan bola basket pada PON XX Papua, 2-15 Oktober 2021. ANTARA/Evarianus Supar

Mimika (ANTARA) - Technical Delegate (TD) bola basket 5X5 PON XX Papua Abdul Rozak mengatakan Provinsi Jambi kemungkinan mundur dari kompetisi bola basket 5X5 putri karena tidak ada perwakilan yang hadir pada rapat manajer (manager meeting) di Mimika, Senin.

"Sampai 'manager meeting' itu selesai, tidak ada yang datang. Tak ada juga kabar baik itu dari KONI Provinsi Jambi dan Perbasi Jambi. Ini jadi tanda tanya," ujar Abdul kepada Antara di Mimika Sport Center, Mimika, Senin.

Meski demikian, ia belum mau memastikan tim bola basket putri Jambi, yang sejatinya mengisi pool Y bersama Papua, DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan, benar-benar dicoret dari PON XX Papua.

Pria yang juga Kepala Bidang Pertandingan PP Perbasi itu menyebutkan sebelum ada kepastian, ia mesti melaporkan ketidakhadiran Jambi dalam rapat manajer kepada Ketua Pertandingan PB PON XX klaster Mimika.

Baca juga: Tim bola basket 5X5 Kalsel siap buat kejutan di PON XX Papua 

Selanjutnya, menurut dia, Ketua Pertandingan PB PON XX akan mempertanyakan perihal menghilangnya tim Jambi kepada Ketua Kontingen (CdM) Jambi untuk PON XX.

"Kami menunggu sampai besok," tutur Abdul.

Meski tidak mengetahui alasan Jambi tak hadir dalam rapat manajer bola basket 5X5 putri tersebut, ia mengaku sempat berkomunikasi dengan pelatih tim Jambi.

"Tempo hari, melalui telepon, pelatihnya bilang bahwa mereka berat berangkat ke PON. Mungkin dari segi biaya," kata Abdul.

Dengan keikutsertaan tim bola basket 5X5 putri Jambi yang belum jelas, maka tim panitia menyusun dua skema jadwal pertandingan, yaitu dengan dan tanpa Jambi.

Baca juga: PON Papua ajang cari talenta berbakat basket 3x3 

Andai Jambi benar-benar menarik diri, maka semua laga yang berkaitan dengan Jambi akan ditiadakan.

"Semua pertandingan melawan Jambi akan dihapus," ungkap Abdul Rozak.

Sebagai informasi, cabang olahraga bola basket 5X5 putri diikuti delapan tim yang dibagi ke dalam dua grup, yaitu pool X dan pool Y.

Pool Y beranggotakan Papua, Jambi, Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta. Sementara Pool X berisi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali.

Pertandingan cabang olahraga bola basket 5X5 putra dan putri akan berlangsung mulai Rabu, 29 September 2021 di Mimika Sport Center. 

Baca juga: Pelatih basket putra Babel yakin PON Papua kompetitif tertular IBL 
Baca juga: Pemain Basket Kalbar optimistis raih medali di PON XX Papua 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Raih perunggu, Tim Bola Basket 3x3 Putra Jatim merasa bahagia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar