SnackVideo cari duta batik untuk dukung pelestarian warisan budaya

SnackVideo cari duta batik untuk dukung pelestarian warisan budaya

Aplikasi video pendek SnackVideo bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia (Kemendikbudristek) meluncurkan program Snack Mencari Duta Batik.  (ANTARA/HO SnackVideo)

Jakarta (ANTARA) - Aplikasi video pendek SnackVideo bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia (Kemendikbudristek) meluncurkan program "Snack Mencari Duta Batik".

“Program Snack Mencari Duta Batik ini mengajak para konten kreator Indonesia untuk melestarikan budaya Indonesia dan menumbuhkan rasa bangga terhadap batik yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa," ujar Head of Business Operations SnackVideo Yugo Prabowo melalui keterangan pers yang diterima Senin.

Baca juga: Pesan Anne Avantie di Hari Kartini

Program ini merupakan inisiatif SnackVideo untuk menjadi wadah masyarakat dalam menyalurkan kreativitas dan merayakan keragaman budaya Indonesia menyambut Hari Batik Nasional.

Melalui program Snack Mencari Duta Batik, SnackVideo mengajak masyarakat Indonesia untuk merayakan Hari Batik Nasional dengan mengunggah video pendek hasil kreativitas para kreator, mulai dari fashion, makeup, karya seni, tarian, hingga musik.

"SnackVideo ingin terus tumbuh sebagai komunitas konten tempat para pengguna kami berbagi informasi positif dan berkreasi. Melalui tagar #SnackMencariDutaBatik pengguna dapat melihat berbagai kreasi dan informasi seputar batik di Indonesia,” ujar Yugo.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia Hilmar Farid menyambut baik program yang mengajak para konten kreator untuk menciptakan konten kreatif terkait dengan batik.

Baca juga: Disparekraf DKI gandeng hotel beri ruang untuk UMKM promosi batik

"Tentunya, kami berharap konten ini juga akan mewarnai dunia media sosial kita ke arah yang lebih positif,” kata Hilmar.

Saat mengunggah video, kreator dapat menggunakan beberapa tagar yang sesuai dengan konten mereka masing-masing, seperti #SnackMencariDutaBatik, #SeniBatik, #BatikDance #BatikFashion, dan #InfoBatik.

Nantinya, SnackVideo akan memilih lima orang untuk menjadi Snack Style Duta Batik dan mendapatkan hadiah utama iPhone12 serta tas batik eksklusif dari Mithlabs. Selain itu, pengguna yang telah melakukan voting untuk memilih Duta Batik, juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik berupa gawai, voucher belanja, dan uang tunai.

Kompetisi ini akan dimulai pada tanggal 24 September sampai 1 Oktober 2021 dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 2 Oktober 2021 di aplikasi SnackVideo.

Baca juga: Pemuda Rusia ikut berbatik ria di Hari Batik Nasional

Baca juga: Memaknai nilai batik di tengah pandemi

Baca juga: Mendikbud: Batik bukan sekadar kain bermotif

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Manisnya usaha brownis batik di Klaten

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar