Padang (ANTARA) - Tiga atlet panjat tebing Sumatera Barat lolos babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Arena Panjat Tebing SP 2 Mimika.

Pelatih tim panjat tebing Sumbar Gontam Jaya Monang, dalam keterangan tertulis di Padang, Senin, mengatakan atlet Andriko dan Rizki Yusuf yang turun pada nomor lead perorangan putra berhasil maju ke babak semifinal.

Andriko lolos ke semifinal setelah mencatat poin 12.46 hasil dua kali panjatan di dua line pada nomor tersebut dan berada di rangking 12 dari 30 atlet yang bertanding. Sementara Rizki Yusuf yang juga turun pada nomor yang sama itu menduduki rangking 10 dengan total poin 9.37.

Sementara itu, Apriana Nasution melangkah ke babak final kategori boulder perorangan putri. Ia maju ke babak final setelah menaklukkan dua boulder dengan satu bonus dari lima boulder.

Baca juga: Panjat Tebing Sumbar bidik satu emas di PON Papua 

Apriana berada di peringkat keempat dari 18 atlet yang bertanding. Di babak final nanti, Apriana akan berhadapan dengan lima pemanjat lainnya, yakni dari Jawa Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat dan Kepulauan Bangka Belitung.

Gontam mengapresiasi kerja keras atlet yang turun pada hari pertama pertandingan tersebut.

"Alhamdulillah, anak-anak sudah tampil maksimal, mudah-mudahan pada babak berikutnya kami bisa berikan hasil terbaik untuk Sumbar," kata Monang usai pertandingan.

Dari jadwal yang dirilis panitia, babak semifinal lead perorangan putra akan belangsung pada Senin (4/10). Sementara babak final boulder perorangan putri digelar pada Selasa (5/10).

Dalam ajang PON XX Papua, tim panjat tebing Sumbar berkekuatan enam atlet, yakni Andriko, Rizki Yusuf, Apriana Nasution, Adtya Putri, Irsyaddul Halim dan Nita Seprida. 

Baca juga: Yenny Wahid buka secara resmi pertandingan panjat tebing PON XX Papua 
Baca juga: Syahrul Ramadhan amankan tiket semifinal panjat tebing PON Papua 

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021