Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memastikan kemenangan Indonesia 3-2 atas tim Kanada pada penyisihan kedua grup C kejuaraan bulu tangkis Piala Sudirman 2021.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Selasa dini hari WIB, Rinov/Pitha membuat pasangan BR Sankeerth/Crystal Lai takluk dalam dua gim dengan skor 21-14, 21-10.

Rinov/Pitha tampil meyakinkan pada gim pertama. Mereka terus mendominasi dan memimpin perolehan angka. Mereka bermain dengan tempo yang cepat, sehingga lawannya kesulitan menemukan celah untuk merebut poin.

Baca juga: Greysia/Apriyani bawa Indonesia imbang sementara 2-2 atas Kanada

Kondisi itu terus berlangsung hingga akhirnya Rinov/Pitha merebut gim pertama dengan keunggulan 21-14.

Masuk gim kedua, Sankeerth/Lai menunjukkan sedkit perlawanan. Perebutan angka sempat terjadi di awal permainan. Namun itu tidak berlangsung lama.

Rinov/Pitha segera membuat kedudukan imbang 3-3, dan selepas itu mereka terus melaju, meninggalkan Sankeerth/Lai di belakang. Wakil Garuda itu kembali unggul dengan skor akhir 21-10.

Dengan hasil tersebut, maka Indonesia unggul 3-2 atas tim Kanada pada penyisihan kedua grup C Piala Sudirman 2021.

Selain Rinov/Pitha, dua kemenangan tim Garuda diraih oleh ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil mengalahkan BR Sankeerth/Nyl Yakura dengan skor 21-16, 21-10, serta ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang unggul 21-16, 21-10 atas Rachel Chan/Catherine Choi.

Baca juga: Fajar/Rian akui masih beradaptasi dengan lapangan

Sayangnya, nasib berbeda dialami oleh dua wakil Indonesia lainnya, yakni tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo dan tunggal putra Jonatan Christie.

Ester menelan kekalahan rubber game atas Rachel Chan dengan skor 24-22, 8-21, 18-21. Sementara Jojo dipaksa bertekuk lutut oleh Brian Yang dalam tiga gim dengan skor 21-9, 20-22, 18-21. Sementara itu, Denmark yang juga berada di grup C mencatat kemenangan 4-1 atas tim NBFR (National Badminton Federation of Russia).

Dengan demikian, klasemen sementara grup C saat ini dipimpin oleh Denmark, sementara Indonesia menduduki posisi kedua. Kemudian disusul Kanada di peringkat ketiga dan NBFR di posisi keempat.

Selanjutnya pada penyisihan terakhir, Indonesia dijadwalkan bertemu tim Denmark, Rabu (29/9) pukul 14.00 WIB. Pada waktu yang bersamaan, Kanada akan berhadapan dengan NBFR.

Baca juga: Jojo belum berhasil sumbang poin untuk Indonesia
Baca juga: Ester gagal amankan poin kedua untuk skuad Garuda


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021