Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Barat digandeng oleh SmartHeart Indonesia mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pencegahan penyakit rabies melalui penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk anjing secara gratis.

Total 200 vaksin rabies disuntikkan kepada anjing peliharaan masyarakat pada 25 September di Smart Park, Central Park, Jakarta dan 28 September secara drive thru di Lobby Laguna Central Park, Jakarta.

Baca juga: DKI cegah rabies melalui perawatan hewan di penampungan Ragunan

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Barat, Iwan Indriyanto, berharap bisa terus bekerja sama dengan SmartHeart Indonesia dalam vaksinasi rabies gratis tahun berikutnya demi mencegah penyakit rabies di Indonesia.

“Kami berharap tahun berikutnya SmartHeart Indonesia bisa mengadakan vaksinasi rabies gratis, sebab perlu sekali dilakukannya vaksinasi rabies secara masif guna mencegah penyakit berbahaya ini," kata Iwan dikutip dari siaran resmi, Selasa.

Dokter hewan Aulia Jasmine menegaskan bahaya dari penyakit rabies bila tidak dikendalikan.

“Penyakit rabies adalah salah satu penyakit strategis dunia yang bersifat zoonosis (menular dari hewan ke manusia) dengan tingkat kematian yang tinggi. Pengendalian penyakit rabies yang efektif adalah dengan cara pencegahan melalui vaksinasi rabies,” kata Aulia, veterinarian PT Perfect Companion Indonesia.

Aulia menambahkan, sebagian besar wilayah Indonesia belum bebas rabies. Baru sebagian kecil yang memiliki status nol kasus rabies, termasuk ibu kota. Sejak 2004, Kementerian Pertanian telah menetapkan DKI Jakarta sebagai provinsi bebas rabies.

Hari Rabies Sedunia merupakan sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 September di setiap tahun. Peringatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan penyakit rabies.

Vaksinasi rabies gratis juga dilakukan di tempat lain termasuk Tangerang yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Tangerang, Minggu (26/9). Total ada seribu vaksin yang disediakan bagi para pemilik hewan sebagai upaya mengantisipasi penyakit rabies.


Baca juga: Jakarta Barat buka layanan vaksin anti rabies "door to door"

Baca juga: RT/RW di Jakarta diminta awasi lalu lintas hewan penular rabies

Baca juga: Ratusan ekor hewan peliharaan di Bukit Duri jalani vaksinasi rabies

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021