Kemenkeu luncurkan Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan 2021

Kemenkeu luncurkan Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan 2021

Tangkapan layar - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam Peluncuran Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan 2021 di Jakarta, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Sanya Dinda

Tujuan inovasi dari inovasi kita yakni membuat birokrasi yang lebih baik dan memberikan pelayanan yang lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan meluncurkan Kompetisi Inovasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan tahun 2021.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan kompetisi inovasi ini dilaksanakan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Tujuan inovasi dari inovasi kita yakni membuat birokrasi yang lebih baik dan memberikan pelayanan yang lebih baik,” kata Suahasil dalam Peluncuran Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Suahasil mengatakan kompetisi ini juga bertujuan untuk membuat birokrasi yang lebih baik, agile, dan fleksibel di tengah pandemi COVID-19. Karena itu, ia menekankan agar peserta di lingkungan Kementerian Keuangan tidak sekadar mengikuti kompetisi untuk menjadi pemenang.

“Harusnya tidak berhenti di situ, kita lanjutkan, kita tanya terus apakah inovasi kita menghasilkan birokrasi yang lebih baik, pelayanan untuk masyarakat yang lebih baik, dan kebijakan bagi Indonesia yang lebih baik,” kata Suahasil.

Ia juga mendorong agar inovasi yang dihasilkan berdasarkan sinergi lintas unit, misalnya unit-unit eselon satu di bidang penerimaan negara bersinergi menghasilkan suatu produk inovatif.

Menurut dia, sinergi lintas bidang juga bisa dilakukan, misalnya unit eselon satu di bidang pembiayaan bisa bersinergi dengan unit eselon satu bidang penerimaan negara.

“Kita dorong ke arah sana, kita dorong inovasi yang bisa memunculkan pelayanan dan inovasi yang lebih baik,” kata Suahasil.

Dengan tema “Inovasi Berkelanjutan Menuju Ruang Kerja Masa Depan”, Suahasil berharap Kompetisi Inovasi Kemenkeu 2021 dapat menghasilkan pengembangan ruang kerja virtual atau daring yang telah digunakan selama penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kemenkeu efisienkan kegiatan ekspor-impor lewat inovasi SiPakde-ATIGA

Baca juga: Kemenkeu: inovasi digital bisa dorong keuangan syariah

Baca juga: Peneliti: Potongan pajak super harus mampu tingkatkan inovasi

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar