PON Papua

Kandaskan Maluku Utara, tim futsal Jatim buka peluang ke semifinal

Kandaskan Maluku Utara, tim futsal Jatim buka peluang ke semifinal

Pemain Jawa Timur, Andriano Athala (kanan) mencoba menahan tendangan pemain Maluku Utara, Ambri Abdul Azis pada pertandingan cabang Futsal PON XX Papua di GOR Futsal SP-2 Mimika, Selasa (28/9/2021). ANTARA/HO-PB PON XX PAPUA/Ady Sesotya/aa.

Timika (ANTARA) - Tim Jawa Timur membuka peluang melaju ke semifinal cabang olahraga futsal PON XX Papua setelah pada pertandingan penyisiihan ketiga, Selasa, mengandaskan perlawanan Maluku Utara dengan skor 4-2.

Pada pertandingan di GOR Futsal Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5 Timika, ratusan suporter Jatim datang membawa alat musik drum dan sejumlah atribut untuk menyemangati tim kesayangannya.

Kedua tim bergabung dalam Grup B bersama juara bertahan Jawa Barat yang sudah memastikan lolos ke semifinal. Di grup ini juga bergabung Sulawesi Selatan dan Banten.

Tim futsal Jatim yang diasuh pelatih Eko Purbo tampil lepas dan langsung unggul 1-0 pada menit ke-9 melalui tendangan keras Singgih Romana Jati. Selang semenit kemudian, Jatim menggandakan keunggulan melalui sontekan Januardy Ramdhani yang berdiri bebas tak terkawal di depan gawang Maluku Utara.

Tertinggal dua gol, Maluku Utara yang merupakan peraih medali perak PON 2016 berupaya keluar dari tekanan dan menyerang. Kerja keras anak asuh pelatih Mohammad Riyoga itu menuai hasil setelah menjebol gawang Jatim yang dikawal Akhmal Trijayanto.

Hingga babak pertama berakhir, Jatim unggul 2-1 atas Maluku Utara.

Memasuki babak kedua, Maluku Utara mengambil inisiatif serangan dan berhasil menyarangkan gol ke gawang Jatim melalui sontekan Trifandi Layn pada menit ke-31 untuk menyamakan skor 2-2.

Setelah gol itu, Jatim bangkit untuk menekan pertahanan lawan dan mencetak gol ketiga melalui kaki Agung Ma'arif.

Pada menit ke-34, Jatim memperbesar keunggulan menjadi 4-2 melalui sontekan Achmad Vicky Irawan. Kedudukan 4-2 untuk kemenangan Jatim tetap bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Dengan hasil itu, Jatim kini mengumpulkan nilai 5, hasil sekali menang dan dua kali imbang saat melawan Sulsel  3-3 dan bertemu Banten 1-1.

Tim Jatim masih menyisakan satu pertandingan menghadapi pemuncak Grup B yaitu Tim Jawa Barat pada Rabu (29/9).
Puluhan suporter tim Jawa Timur mendukung tim kesayangannya saat menghadapi Maluku Utara pada pertandingan Grup B Cabor Futsal PON XX Papua di GOR Futsal Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5 Timika, Selasa (28/9/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)

Pertandingan melawan Jabar menjadi laga penentuan bagi Jatim untuk bisa melangkah ke semifinal cabang olahraga futsal PON XX Papua.

Kekalahan ketiga Malukuu Utara dari Jatim secara otomatis menutup pintu bagi peraih medali perak PON 2016 itu ke babak semifinal.

Sebelumnya, Maluku Utara sudah dua kali menelan kekalahan saat melawan Sulsel dengan skor 0-4 dan kalah telak 0-6 dari Jabar.

Selain Jatim, tim dari Grup B yang juga masih memiliki peluang melaju ke babak semifinal adalah Sulawesi Selatan dengan nilai 4. Pada pertandingan terakhir, Selasa petang, Sulsel akan menghadapi Banten.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar