Pemkot Jaksel ajak warga sukseskan gerakan "Ayo Menabung Sampah"

Pemkot Jaksel ajak warga sukseskan gerakan "Ayo Menabung Sampah"

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji meresmikan "Bank Sampah Kita" Kelurahan Petogongan, Selasa, (28/9/2021). ANTARA/Sihol Hasugian

Ini adalah bagian dari upaya mengajak warga masyarakat mengurangi sampah dari sumbernya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan  mengajak warga Kelurahan Petogogan menyukseskan gerakan "Ayo Menabung Sampah" yang diinisiasi  Bank BNI Wilayah 10 Jakarta guna memanfaatkan sampah secara berkelanjutan.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji usai meresmikan "Bank Sampah Kita" Kelurahan Petogongan, Selasa, mengapresiasi langkah dari Bank BNI Wilayah 10 Jakarta yang menginisiasi gerakan "Ayo Menabung Sampah" di wilayahnya.

"Saya berterimakasih kepada BNI 46 yang mengajak ayo menabung dengan sampah. Ini adalah bagian dari upaya mengajak warga masyarakat mengurangi sampah dari sumbernya," kata Isnawa.

Baca juga: Bank Sampah Budi Luhur "sulap" sampah anorganik jadi emas

Isnawa berharap kehadiran bank sampah tersebut  dapat mengajak warga Petogogan mengurangi produksi sampah di Jakarta Selatan.

Apalagi, kata Isnawa, gerakan ini menjadi bagian yang sangat penting bagi masyarakat untuk belajar memilah sampah dan mengurangi sampah dari sumbernya.

"Jadi kalau yang anorganik, mereka bisa langsung tabung, ditimbang, dapat nilai rupiahnya dan langsung ditransfer ke rekening BNI warga masyarakat itu," kata dia.

Baca juga: DKI targetkan 2.742 RW mampu pilah sampah

Menurut dia, saat ini sampah anorganik dapat dioptimalkan agar dapat menghasilkan nilai ekonomi sehingga berdampak pada rumah tangga.

Karena itu, Ia menuturkan bahwa semua jenis sampah tidak mesti dibuang lagi ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Jadi ini bagian dari upaya mengurangi sampah, tidak semua sampah harus dibuang ke Bantargebang jadi sampah punya nilai ekonomis dan tabungan sampah menjadi berkah," ujarnya.

Baca juga: Pertamina hadirkan Bengkel Sampah Tukar Oli di Jakarta Utara

Sementara itu, Pimpinan BNI Wilayah 10 Jakarta, Juanda, mengungkapkan kehadiran BNI 46 dalam bank sampah tersebut sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah  mengelola lingkungan.

"Melalui ekosistem bank sampah ini kami dari BNI akan membantu pemerintah melaui 'cashless society' dimana pembayaran akan terintegrasi melalui perbankan BNI agen 46," tuturnya.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkab Jember dorong pemanfaatan bank sampah atasi limbah masker

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar