Jakarta (ANTARA) - Wujudkan kembali program percepatan khusus untuk bisnis UKM melalui Aksilerasi III, tahun ini Ninja Xpress sebagai mitra UKM dukung pemberian akses perluasan jaringan bisnis dengan tema "Capai Omzet Milyaran dari Rumah Melalui Akses Jaringan Bisnis" yang akan membawa UKM menemukan akses jaringan mitra bisnis yang tepat untuk perkembangan usahanya.

"Aksilerasi III mempertegas dukungan Ninja Xpress terhadap kesuksesan pelaku UKM negeri. Bersama dengan pemerintah dan berbagai pelaku industri penting seperti Facebook, Pinjam Modal, dan berbagai pelaku UKM unggulan negeri, Aksilerasi diharapkan dapat membawa angin segar bagi UKM agar dapat bertumbuh menjadi roda penggerak ekonomi nasional ke arah yang lebih baik guna membantu meningkatkan perekonomian nasional," ujar Andi Djoewarsa selaku Chief Marketing Officer, Ninja Xpress dalam jumpa pers pada Selasa.

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, para pelaku UKM dituntut untuk tetap produktif di tengah segala keterbatasan yang ada, salah satunya dengan go-digital. Pemerintah pun mendorong pengupayaan 30 juta UMKM digitalisasi hingga 2024, untuk merealisasikannya perlu 6 juta UMKM yang masuk digital per tahunnya.

Rahmadi, M. Si selaku Asisten Deputi Bidang Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM RI mengatakan perlu diadakan sinergitas dan kolaborasi antara pemangku kepentingan di industri ini. Ninja Xpress pun menjadi salah satu mitra pemerintah yang dukung terwujudnya percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui program Aksilerasi.

"Ninja Xpress merupakan salah satu mitra pemerintah dalam mendukung pengembangan UKM melalui program-program pemberdayaan UKM untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi," kata Rahmadi.

Menurut laporan Suara UKM Negeri, sebanyak 53 persen UKM membutuhkan pelatihan dengan sistem mentoring khusus di bidang strategi pemasaran dan keuangan guna mempercepat pengembangan bisnisnya. Menyadari dan memahami hal tersebut, Ninja Xpress di Semester II 2021 ini kembali mengemas program percepatan bisnis Program Aksilerasi.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI, Ir. Reni Yanita M.Si mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai program yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UKM guna menuju merdeka bisnis.

Beberapa di antaranya adalah Program startup for industry, sebagai gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi startup Indonesia untuk industri teknologi dan masyarakat serta Klinik Design Merek Kemas (KDMK) untuk membantu industri kecil dan menengah (IKM) dalam pemilihan kemasan yang sesuai dengan produk, guna penguatan mutu dan berdaya saing.

Ada juga Program Indonesia Food Innovation (IFI) bagi industri kecil dan menengah (IKM) pangan dengan melibatkan akademisi, praktisi, dan industri pangan, serta dilengkapi dengan program Modest Fashion Project yang dapat mengantarkan wirausaha fesyen tumbuh dan berkembang untuk daya juang tinggi.

"Creative Business Incubator (CBI) untuk industri kriya dan fesyen sebagai pusat pendidikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan skala bisnis, dalam bangun bisnis baru yang sustainable. Kami sangat mengapresiasi Ninja Xpress yang ikut membantu peran kami dalam rangka kemajuan UKM merdeka bisnis," ujar Reni.

Aksilerasi III menghadirkan pembicara dari berbagai Kementerian terkait guna membagikan informasi seputar program yang bisa diakses oleh pelaku UKM untuk tumbuh berkembang menuju merdeka bisnis.

Untuk akses permodalan diwakili oleh adanya kerjasama Ninja Xpress dengan Pinjam Modal untuk memberikan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM atau shipper yang ada di Ninja Xpress, dengan jumlah plafond pinjaman, Shipper atau pelaku UMKM bisa mendapatkan fasilitas tambahan modal usaha mulai dari Rp3 juta hingga maksimal 50 juta.

Akses merdeka bisnis diwakili dengan kehadiran mentor andal, seperti Google dan Facebook yang siap membagikan tips digital marketing yang sangat berguna untuk UKM, kelas-kelas unggulan dengan mentor seperti Christina lie, Yoris sebastian bahkan aplikasi yang aplikatif seperti TOKKO, hingga sejumlah brand owner yang berfokus untuk memberikan akses jaringan bisnis kepada UKM untuk memperluas dan meningkatkan skala bisnis secara lebih luas.

Para UKM diharapkan dapat mengikuti Aksilerasi III yang dilaksanakan mulai 28 September hingga 1 Oktober 2021.

Peserta UKM Aksilerasi III akan didampingi oleh 7 mentor, seperti, Yoris Sebastian (Creativepreneur & Author), Denny Santoso (Entrepreneur, Speaker Business Consultant, dan Author), Rono Jatmiko (Certified Facebook Trainer), Mollyta (Certified Google Trainer), Christina Lie (Owner of 101 Red 101), Ethika Santi (Head of Sales PT Jobstreet Indonesia), dan Nadjani (Owner Nadjani Indonesia).


Baca juga: Pinjam Modal gandeng Ninja Xpress beri akses pembiayaan bagi UMKM

Baca juga: Ninja Xpress lanjutkan program "Aksilerasi" untuk UKM

Baca juga: Ninja Xpress gandeng pengusaha busana muslim berikan "bimbel" UMKM

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021