Jakarta (ANTARA) - Setelah menggelar lelang hybrid pada April 2021, balai lelang 33 Auction kembali menggelar acara serupa pada 3 Oktober 2021 di Hotel Shangri La Jakarta, yang menampilkan ragam karya dari maestro terbaik antara lain Hendra Gunawan, Affandi, Soenaryo, Srihadi Soedarsono, H. Widayat, Rudolf Bonnet, Nyoman Nuarta, hingga Xu Beihong dan Zhou Chunya.

Lelang kali ini akan menghadirkan 163 mahakarya terbaik dari puluhan seniman maestro dan dunia diantaranya adalah karya-karya dari 24 seniman lokal terbaik "L Project" yang juga turut berkolaborasi dengan 33 Auction dalam lelang kali ini.

Balai lelang 33 Auction juga menyediakan private viewing yang bisa dilakukan melalui perjanjian. Adapun public viewing dilaksanakan pada 1-3 Oktober pukul 10:00 - 20:00 WIB (1-2 Oktober) dan 10:00 - 2:30 WIB (pada hari terakhir) di Hotel Shangri La Jakarta.

Baca juga: Lukisan Picasso terjual dengan rekor Rp2,3 triliun

Linda Ma, pemilik sekaligus CEO Linda Gallery dan 33 Auction mengatakan, lelang kali ini memiliki potensi sangat besar karena membawa karya dari seniman Indonesia yang memiliki representasi baik di mata dunia, bahkan simbol ikonis dari seni Asia Tenggara.

"Seni Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk bersaing di pasar dunia dan bisa menjadi representasi yang baik sebagai seni rupa Asia Tenggara. Dalam lelang kali ini, kami juga menghadirkan berbagai karya dari seniman tanah air yang juga menjanjikan terutama dari sisi nilai investasinya yang sangat berpotensi baik," kata Linda dalam siaran pers, Selasa.
33 Auction lelang 163 karya dari puluhan seniman (ANTARA/HO)


Selain lelang karya seni, acara itu juga menghadirkan galang dana yang diinisiasi seniman maestro Nyoman Nuarta, melalui karya "Going Forward". Sebagian hasil lelang tersebut akan diserahkan kepada rumah sakit terapung milik dr Lie yang tenggelam di perairan Bima, Nusa Tenggara Barat, pada Juni 2021 lalu.

Rumah sakit apung merupakan program yang diinisiasi dr Lie Dharmawan yang beroperasi dari Kupang hingga Torano. Saat kejadian berlangsung, dr Lie sedang bertugas di pulau Semau. Rumah sakit apung itu telah menyelamatkan lebih dari 10.000 jiwa di sekitar wilayah kepulauan NTB yang sulit mendapatkan akses kesehatan.

Sejalan dengan rangkaian acara lelang, 33 Auction juga mengadakan pameran seni di Plaza Senayan pada 5 Oktober - 10 November 2021 yang menampilkan karya seniman-seniman ternama Indonesia, termasuk Nyoman Nuarta.

Baca juga: Lukisan Leonardo da Vinci terjual dengan rekor 450,3 juta dolar Amerika Serikat

Baca juga: Lelang benda Margareth Tatcher sampai 3,3 juta poundsterling

Baca juga: Menu makan malam terakhir Titanic dilelang

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021