Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut mengusulkan empat bidang kerja sama dengan Singapore Police Coast Guard (SPCG) yang dapat disepakati kedua lembaga penegakkan hukum di laut dari dua negara bertetangga itu.

Kepala Badan Keamanan Laut, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, menyampaikan empat usulan bidang kerja sama yang dapat disepakati itu kepada Komandan SPCG, Senior Assistant Commisioner Cheang Keng Keong, melalui sambungan komunikasi telekonferensi video antar negara sebagaimana keterangan diperoleh, Selasa.

Baca juga: Bakamla RI gelar latihan sistem peringatan dini pemantau keamanan

Empat usulan yang disampaikan yaitu pertemuan bilateral mereka yang dilaksanakan secara resiprokal setiap tahun untuk membahas perkembangan kerja sama dan isu-isu keamanan dan keselamatan laut di kawasan, atau pembicaraan antara Penjaga Pantai.

Kedua, kegiatan peningkatan kapasitas melalui pelatihan, pendidikan, penelitian dan pengembangan, pertukaran staf ahli, magang, lokakarya, dan seminar.

Baca juga: Kapal penjaga pantai AS ikuti latihan bersama Bakamla RI

Lalu ketiga, membentuk sambungan langsung dan single point of contact dan keempat, pertukaran Informasi keamanan laut.

Dalam kesempatan itu, Kurnia menyampaikan, kedua institusi memiliki kesamaan tugas dan fungsi seperti penegakan hukum di laut, SAR, dan patroli laut, sehingga kedua lembaga perlu menjalin hubungan kerja sama.

Cheang menyambut baik usulan Kurnia itu, dan menyatakan mereka menyadari memiliki ancaman dan persoalan yang sama dalam isu keamanan maritim oleh karena perlu bekerja sama.

Baca juga: KN Pulau Dana Bakamla "passing exercise" bersama kapal AS

Pada kegiatan telekonfrensi itu, Kurnia didampingi Direktur Kerja Sama Bakamla, Laksamana Pertama Bakamla Sandy M Latief, Direktur Latihan Bakamla, Laksamana Pertama Bakamla Bambang Irawan, Direktur Data dan Informasi Bakamla, Laksamana Pertama Bakamla Enjud Darojat, Kepala UPH Bakamla, Laksamana Pertama Bakamla Iman Wahyudi, Kabag Humas dan Protokol Bakamla, Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, dan Kepala Subdirektorat Perencanaan dan Evaluasi Operasi Laut, Kolonel Bakamla Denny G Susilo.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021