PON Papua

Kapolri memastikan kesiapan pengamanan PON XX Papua

Kapolri memastikan kesiapan pengamanan PON XX Papua

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menghadiri gladi persiapan pengamanan pembukaan PON XX Papua, di Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/pri.

....sehingga pengamanan PON XX Papua berjalan dengan baik,
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan kesiapan pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Oktober 2021 sudah berjalan dengan pelibatan personel pengamanan yang telah menempati posisinya masing-masing.

Dalam konferensi pers kunjungan Kapolri mengecek kesiapan pembukaan PON XX Papua yang disiarkan Divisi Humas Polri, Selasa, Sigit memastikan persiapan pengamanan di arena, pembukaan dan penutupan yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, sudah berjalan.

"Tentunya dari kesiapan kami melihat seluruh rangkaian dan personel pengamanan sudah "inside" dan semua sudah ada di posisi masing-masing," ujar Sigit.

Sigit berharap dengan masuknya seluruh personel pengamanan mulai dari ring satu hingga ring empat, maka pelaksanaan kegiatan pengamanan PON XX Papua berjalan aman dan lancar.

Selain memastikan kesiapan pengamanan, Sigit juga memastikan upaya penanganan pandemi COVID-19 di Papua, mengingat Pemerintah telah memperbolehkan adanya penonton dalam perhelatan olahraga empat tahunan tersebut.

Namun Sigit mengingatkan, meski diperbolehkan ada penonton, tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang mau menyaksikan laga PON XX Papua yang tersebar di empat kabupaten/kota di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

Menurut dia, syarat tersebut adalah jumlah penonton hanya 25 persen dari seluruh kapasitas ruangan arena atau stadion, dan wajib vaksin.

"Imbauan kami terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan kepada penonton hadir 25 persen kapasitas venue, untuk penonton yang hadir telah vaksin dua kali," ujarnya.

Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi COVID-19, kata Sigit, TNI-Polri menyiapkan gerai-gerai vaksin di empat wilayah arena PON XX Papua.

"Kami bersama Panglima (TNI) telah membuka gerai-gerai vaksin di empat wilayah venue dan diharapkan ini bisa direspons, sehingga masyarakat selain proses vaksinasi berjalan dengan baik, peluang untuk menonton karena merupakan persyaratan itu betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik," ujarnya lagi.

Kapolri mengimbau masyarakat untuk manfaatkan gerai-gerai vaksin TNI-Polri dan Dinas Kesehatan untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Papua.

"Selain vaksinasi ini, begitu juga operasi satgas yang lain terus kami perintahkan mengamankan, sehingga pengamanan PON XX Papua berjalan dengan baik," kata Sigit.

PON XX Papua berlangsung di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke pada 2-15 Oktober 2021.

Ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON XX, dan perlombaan itu diikuti oleh sekitar 10.000 atlet serta staf/ofisial dari 34 provinsi.

Pembukaan PON XX, yang akan berlangsung di Stadio Lukas Enembe pada 2 Oktober, rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Setidaknya ada 9.371 anggota TNI dan Polri yang bertugas mengamankan PON XX di Papua.
Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri tinjau pengamanan PON XX jelang pembukaan
Baca juga: Antisipasi gangguan kamtibmas jelang PON XX, Kasatgas patroli udara

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PON Papua diharap jadi awal pemerataan prestasi olahraga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar