Merauke (ANTARA) - Hari pertama cabang olahraga wushu Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 yang akan berlangsung di GOR KONI, Merauke, Rabu, bakal memperebutkan dua medali dari nomor Taolu Chang Quan putra dan putri.

Final nomor tangan kosong putra dan putri itu akan didahului dengan empat nomor Taolu lainnya yaitu Taijijian putra dan putri, serta Nanquan putra dan putri yang dimulai pukul 09:00 hingga 12:00 WIT.

Di nomor Chang Quan putra, peraih medali emas SEA Games 2019 Edgar Xavier Marvelo mewakili DKI Jakarta akan bertarung dengan rekan sesama pelatnas Seraf Naro Siregar, juga peraih medali emas di Filipina serta juara dunia Shanghai 2019, yang mewakili Jawa Timur.

Sedangkan di nomor Chang Quan putri, Felda Elvira Santoso asal Jatim akan ditantang oleh pendatang baru di pelatnas Zoura Nebulani yang bakal mewakili Jawa Barat.

Nomor sanda atau tarung akan dimulai pukul 14:00 WIT, mempertarungakan babak perempat final lima kelas yaitu 45kg, 52kg, 56kg, 60kg, dan 65kg putra.

Peraih perak SEA GAmes 2019 Ade Permana (Jabar) akan berusaha mempertahankan medali emas PON 2016 kelas 48kg ketika ditantang Dwi Teguh Wardana dari Kalimantan Barat.

Cabang olahraga wushu melombakan 23 nomor pertandingan yang terdiri dari disiplin Taolu dan Sanda.

Sumatera Utara sebagai juara umum PON Jabar 2016 kali ini memasang target lima medali emas di pekan olahraga tahun ini yang persaingannya bakal cukup sengit.

Sumut diperkuat sejumlah atlet pelatnas seperti Harris Horatius, peraih satu medali emas dan dua perek SEA Games 2019 dan Juwita Niza Wasni, peraih emas SEA Games 2017.

Sementara itu Jawa Timur juga memasang target lima medali di gelaran pesta olahraga empat tahunan itu dengan mengandalkan 10 atlet.

Bobie Valentinus, Muhammad Daffa, dan Natalie-Rafaella, yang bermain di nomor beregu berpeluang menyumbangkan medali untuk Jatim.

DKI Jakarta masih menjadi musuh terberat yang harus diantisipasi saat tim Ibu Kota mengirimkan 17 atlet terbaiknya ke Merauke.

Tujuh diantaranya akan bertanding di kategori sanda, termasuk petarung MMA Abdul Haris.

Wushu menjadi cabang olahraga yang pertama kali dipertandingkan di Merauke, yang bakal menggelar juga pertandingan sepak bola putri, anggar, gulat, catur, dan bermotor.

Cabang olahraga wushu digelar dari 29 September hingga 3 Oktober dengan memperebutkan 23 medali emas dari nomor Taolu (seni jurus) dan Sanda (tanding).


Baca juga: Tim wushu Jabar intip peluang lebihi target empat emas di PON Papua
Baca juga: Arena wushu siap buka pertandingan PON Papua klaster Merauke
Baca juga: Wushu Sumut incar lima emas di PON Papua

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021