PON Papua

Cabang olahraga wushu awali pertandingan PON Klaster Merauke

Cabang olahraga wushu awali pertandingan PON Klaster Merauke

Ketua Umum Sub PB PON Klaster Merauke Romanus Mbaraka saat membuka penyelenggaraan PON XX Klaster Merauke, Papua, Rabu (29/9/2021). ANTARA/HO-InfoPublik/Kominfo/am.

Papua adalah daerah sejuk, damai dan Papua adalah Merah Putih
Jakarta (ANTARA) - Cabang olahraga wushu mengawali pertandingan pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Merauke, Rabu pagi ujar panitia penyelenggara di wilayah setempat.

"PON kali ini adalah pertaruhan harkat dan martabat Papua Indonesia di tengah dunia," ujar Ketua Umum Sub PB PON Klaster Merauke Romanus Mbaraka saat membuka penyelenggaraan PON XX Klaster Merauke seperti dilansir Infopublik.id di Jakarta.

Romanus membuka secara resmi PON XX Klaster Merauke didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Merauke di GOR Head Sai Merauke.

Baca juga: Arena wushu siap buka pertandingan PON Papua klaster Merauke

Berdasarkan hasil undian yang dilakukan Selasa (28/9), nomor taolu pada cabang olahraga wushu memperlombakan enam nomor yakni taijijian putra, taijijian putri, nanquan putra, nanquan putri, changquan putra dan changquan putri.

Khusus untuk changquan putra dan putri, langsung mempertandingkan nomor final, sementara empat lainnya merupakan nomor lomba gabungan.

Hari pertama penyelenggaraan mempertandingkan lima kelas di kelompok putra, masing-masing 48kg, 52kg, 56kg, 60kg dan 65kg.

Romanus menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pemerintah Indonesia menjadikan Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON kali ini.

"Mewakili Gubernur dan semua elemen, kami mengucapkan, terimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan kami kepercayaan sebagai tuan rumah PON," ujarnya.

Baca juga: Media Center PON Klaster Merauke siap digunakan

Dia berharap kepada semua pengurus baik panitia, ofisial, maupun atlet bisa bekerja dan bertanding dengan baik serta penuh sportivitas yaitu menjadi sahabat nusantara, kerja dengan hati, jujur dan menjadikan kegiatan PON sebagai jembatan bagi nusantara.

"Kita jaga kebersamaan tetap komunikasi yang baik dan kepada tuan rumah Merauke, jadilah tuan rumah yang baik. Sehingga cerita baik dari Merauke bisa tersebar di seluruh nusantara. Kalau ada yang tidak berkenan di hati anda tinggalkan di sini," katanya.

"Papua adalah daerah sejuk, damai dan Papua adalah Merah Putih. Papua adalah bagian yang tak terpisahkan dari Indonesia," katanya menambahkan.

Romanus mengingatkan semua pihak untuk patuh pada protokol kesehatan yang berlaku, khususnya selama menempuh kegiatan di Papua.

Baca juga: PLTBm Merauke siap sukseskan PON Papua dengan pasokan energi hijau
Baca juga: Kapsul waktu hingga rumah semut raksasa ada di Merauke

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

UMKM dan gebyar vaksinasi meriahkan pembukaan PON klaster Merauke

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar