Jakarta (ANTARA) - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam mengapresiasi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi yang memiliki kepedulian akan pengembangan riset yang terlihat dari kunjungannya ke Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI) FKUI.

"Alhamdulillah, atas permintaan Pak Menkes, pada Jumat (17/9) lalu berkunjung ke  IMERI. Beliau melihat prasarana dan sarana untuk proses sequencing virus SARS-COV-2, termasuk bagaimana alat ini dapat melakukan sekuens guna melihat gen kanker payudara dan infeksi lain," kata Dekan FKUI Ari dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Penyumbang narasumber terbanyak saat pandemi, FKUI raih rekor MURI

Menurutnya, dalam kunjungannya Menkes Budi banyak mengajukan pertanyaan dan memperlihatkan rasa ingin tahu yang besar. Dia juga mengajak Menkes melihat fasilitas human genetic yang selama ini membantu para klinisi di seluruh Indonesia untuk melihat kelainan genetik pada seseorang yang mengalami sindrom penyakit tertentu.

"Beliau juga kami mampirkan ke Cluster Sport and Exercise studies. Intinya kepedulian bbeliau terhadap riset cukup tinggi dan yakin kalau riset, khususnya seputar kedokteran ini didukung penuh, kedokteran kita bertambah maju. Sarana dan prasarananya sudah ada, SDM-nya andal lulusan center hebat dunia, tinggal beri dukungan dana risetnya saja," katanya.

Dia juga menceritakan bahwa Menkes Budi menyampaikan apresiasinya atas gedung FKUI yang berumur lebih dari 100 tahun dan terjaga dengan baik.

"Beliau yang tidak pernah sekolah di FKUI saja bangga dengan Gedung FKUI, apalagi kita yang pernah mengenyam pendidikan di FKUI.Terima kasih Pak Menkes," kata Prof Ari.

Baca juga: Dosen FKUI berikan kiat meningkatkan saturasi oksigen

Baca juga: Guru Besar FKUI sebut dosis ketiga vaksin jadi harapan baru nakes


Sementara itu, Ketua Majelis Wali Amanat Indonesia Saleh Husin menyambut baik kunjungan Menkes.

"Harapan saya dengan kehadiran Pak Menkes BGS dan melihat secara langsung berbagai peralatan dan SDM yang mumpuni di IMERI FKUI, dukungan pendanaan yang memadai dari Pak Menkes untuk bidang riset inilah yang sangat dibutuhkan," ujar Saleh.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021