Merauke (ANTARA) - Hari kedua pertandingan cabang olahraga wushu PON XX Papua di Merauke, Kamis, akan memperebutkan dua medali emas dari nomor taolu kombinasi.

Dua nomor taolu kombinasi itu adalah Taiji Jian/Taiji Quan putra dan putri.

Atlet Jawa Timur Bobie Valentinus Gunawan sementara memegang skor tertinggi di nomor Taiji Jian putra dengan raihan 9.70 berkat penampilannya di hari pertama, Rabu.

Bobie hanya perlu mempertahankan konsistensi dan kemantapan dalam mengeksekusi jurus-jurusnya di saat ia menjalani nomor Taiji Quan pada Kamis pagi nanti.

Dua atlet Sumatera Utara, Fredy dan Nicholas membuntuti atlet Jatim tersebut di peringkat tiga besar dengan skor masing-masing 9.65 dan 9.55.

Baca juga: Cabang olahraga wushu awali pertandingan PON Klaster Merauke
Baca juga: Round-up: DKI Jakarta sapu bersih emas hari pertama wushu PON Papua

Jatim juga berpeluang besar di nomor kombinasi Taiji Jian/Taiji Quan putri di kala Alisya Mellynar memegang bekal 9.67 poin saat menjalani taiji jian. Alisya akan mewaspadai ancaman atlet Jawa Tengah Alexandra Calista Setiawan yang membayangi di peringkat dua dengan skor 9.64 dan Zefanya Adelia Sidharta asal Yogyakarta dengan skor 9.62.

Setelah dua final nomor kombinasi Taiji Jian/Taiji Quan tersebut, pertandingan dilanjutkan dengan empat nomor kombinasi lainnya.

Atlet pelatnas Edgar Xavier Marvelo akan berupaya menambah medali emas untuk tim DKI dari nomor Dao Shu putra yang akan diakumulasikan dengan nomor Gun Shu pada hari berikutnya.

Enam atlet putri juga akan mengumpulkan poin pertama mereka di nomor Dao Shu.

Sedangkan Jian Shu putra dan putri menempati giliran terakhir rangkaian pertandingan taolu pada hari kedua sebelum atlet-atlet seperti Muhammad Daffa (Jatim), Erwein Wijayanto (DKI Jakarta), Zoura Nebulani (Jabar), dan Nandira Mauriskha (DKI) mengumpulkan sebanyak mungkin poin dari nomor Qiang Shu untuk diakumulasikan pada hari berikutnya.

Tim wushu DKI Jakarta sementara ini telah menyapu bersih dua medali emas taolu setelah Edgar Xavier dan Nandira memenangi nomor taolu Chang Quan putra dan putri yang dipertandingkan pada hari pembuka.

Pada sesi siang hari kedua, nomor sanda (tarung) melanjutkan pertandingan perempat final putra kelas 70kg dan 75kg.

Kemudian perempat final kelas putri 48kg, 52kg, 56kg, dan 60kg bakal menutup hari kedua wushu di GOR Futsal KONI hari ini.

Baca juga: Nandira Mauriskha boyong emas wushu kedua untuk DKI Jakarta
Baca juga: Edgar Xavier buka keran medali tim wushu DKI Jakarta

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021