Jakarta (ANTARA) - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) di Tanah Air resmi dimulai pada 2 Oktober mendatang, relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membagikan 5.000 masker kain melalui program "Gerai Masker".

Para kontingen mulai berdatangan di Bandar Udara (Bandara) Internasional Sentani, khususnya bagi mereka yang akan bertanding di Kota dan Kabupaten Jayapura.

"Mengingat hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Sub-satuan Tugas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura melakukan penguatan protokol kesehatan di Bandara terbesar di Provinsi Papua tersebut," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sebanyak 11 relawan diturunkan untuk membagikan masker dan mengedukasi pendatang maupun masyarakat di kawasan Bandara Internasional Sentani, Rabu (29/9). Masyarakat ramai mengunjungi gerai tersebut untuk mendapatkan masker yang dibagikan secara gratis oleh para Relawan Protokol Kesehatan.

Baca juga: Wushu hari kedua perebutkan dua emas taolu kombinasi

Baca juga: Mahasiswa Vokasi UI raih medali emas dan perak sepatu roda PON Papua


Salah satu ambasador PON XX, Fatma mengatakan ia sangat antusias dengan adanya PON XX di Papua.

"Sejauh ini semua berjalan dengan baik dan lancar, masyarakat sangat antusias dengan PON XX kali ini," kata Fatma.

Perihal protokol kesehatan selama pra-pembukaan, ia mengaku sudah berjalan cukup baik meski masih ada beberapa yang tidak patuh. Dengan adanya program gerai dan mobil masker ini, ia berharap dapat meningkatkan disiplin protokol kesehatan masyarakat Papua.

"Program pembagian masker ini sangat bagus untuk dilakukan di sini, apalagi untuk beberapa masyarakat masih ada yang belum memakai masker," terangnya.

Seperti halnya di wilayah lain, penguatan protokol kesehatan di Bandara Internasional Sentani juga diiringi dengan edukasi protokol kesehatan. Dengan adanya penegakan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) diharapkan penyelenggaraan PON XX di Papua tetap aman dari lonjakan kasus COVID-19.

Selain di Kabupaten Jayapura, BNPB juga telah melakukan penguatan protokol kesehatan jelang pembukaan PON XX di tiga Kabupaten/Kota lainnya yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Total masker yang telah dibagikan BNPB sejak Ahad (26/9) sebanyak 189.900 masker.*

Baca juga: Bank Papua luncurkan tiga produk digital sukseskan PON XX

Baca juga: Jadwal PON Papua 30 September: Judo dan sepatu roda lumbung emas

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021