Sangihe (ANTARA) - Kasus COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara terus berkurang, bahkan data dari satuan tugas penanganan COVID-19 setempat, tersisa dua orang pasien yang masih menjalani isolasi mandiri.

"Saat ini hanya ada dua orang pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri atau 0,18 persen dari 1.134 kasus yang terjadi di Sangihe," kata Sekretaris Satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Sangihe, Rivolis Pudihang di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, dua orang yang masih menjalani isolasi tersebut adalah penduduk di Kecamatan Tahuna Barat dan Kecamatan Tabukan Utara.

Kasus meninggal dunia 39 orang atau 3,44 persen, sedangkan 1.093 orang atau 96,38 persen sudah dinyatakan sembuh.

Baca juga: Sangihe terima 100 botol vaksin Moderna

Baca juga: Di Kepulauan Sangihe-Sulut, dua kelurahan masih zona merah COVID-19


Menurut dia, Kabupaten Sangihe sudah berhasil keluar dari zona oranye sehingga menjadi zona kuning atau risiko rendah penyebaran COVID-19.

"Sangihe saat ini berada pada zona kuning level dua, sehingga kegiatan masyarakat sudah mulai diperlonggar," kata dia.

Namun demikian, berdasarkan pemetaan kasus dari satuan tugas Kabupaten Sangihe, masih ada 14 wilayah yang masuk zona kuning atau risiko rendah penyebaran COVID-19.

"Dari 167 kelurahan dan kampung, ada 14 yang masuk zona kuning sedangkan lainnya sudah berada di zona hijau atau sudah tidak ada kasus," kata dia.

Vaksinasi, kata dia, semakin gencar dilakukan oleh tenaga kesehatan maupun personel TNI dan Polri di berbagai lokasi yang ada di Kabupaten Sangihe.

"Kami mengajak semua warga yang belum divaksin agar segera mendatangi lokasi vaksinasi terdekat yang sudah disiapkan pemerintah," kata dia.

Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui Satuan Tugas penanganan COVID-19 meminta semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah disampaikan pemerintah agar penyebaran COVID-19 di Sangihe bisa berakhir.

"Kami menghimbau semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sangihe," kata dia.*

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Sangihe meningkat menjadi 850 orang

Baca juga: Kabupaten Sangihe kehabisan stok vaksin tahap satu

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021