Mimika (ANTARA) - Pelatih tim bola basket 5x5 putra Sulawesi Utara Roland Lengkong menangis usai skuadnya mengalahkan Jawa Timur 76-72 pada laga Pool B PON XX Papua, Kamis, di Mimika Sport Complex, Mimika.

Roland tak bisa menahan air matanya lantaran sejak berpuluh tahun akhirnya Sulawesi Utara mampu menundukkan Jawa Timur di PON.

"Ini sejarah untuk Sulawesi Utara. Dalam kurun waktu sekitar 30 tahun baru kali ini kami bisa mengalahkan Jawa Timur," ujar Roland.

Jawa Timur, menurut dia, adalah tim yang kuat. Mereka juga mempunyai perkembangan bola basket yang baik, bahkan salah satu yang terbaik di Indonesia

Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya, juga menjadi tempat berkembangnya talenta-talenta muda dalam satu wadah yang bernama Developmental Basketball League (DBL).

"Jawa Timur itu barometer bola basket dengan DBL-nya. Jadi, ini sebuah kebanggaan buat kami. Apalagi para pemain juga termotivasi dengan hasil kemarin (menang atas Kepulauan Bangka Belitung). Jadi, tidak ada yang mustahil," kata Roland.

Baca juga: Sulut raih kemenangan kedua setelah kandaskan Jawa Timur 76-72 

Sementara terkait pertandingan melawan Jawa Timur, Roland mengakui bahwa timnya lengah setelah kuarter pertama sehingga lawan unggul 37-34 dan 58-51 pada masing-masing kuarter tersebut. Padahal, Sulawesi Utara memimpin kuarter awal 20-16.

"Pertahanan kami longgar. Itulah mengapa saat kuarter ketiga saya memberikan motivasi kepada pemain untuk menampilkan yang terbaik," tutur dia.

Sementara pemain Sulawesi Utara Brando Kosegaran mengakui motivasi sang pelatih membuat dia dan rekan-rekannya semakin bersemangat selepas kuarter ketiga.

Brando berperan penting untuk kebangkitan itu setelah tembakan tiga angkanya 29 detik menjelang laga berakhir mampu membalikkan kedudukan menjadi 71-68 untuk keunggulan Sulawesi Utara. 

Poin itu menjadi momentum Sulawesi Utara untuk terus memimpin laga dan menutup pertandingan dengan kemenangan 76-72.

"Saya tak tahu harus berkata apa lagi. Permainan kami sempat tidak bagus tetapi pelatih memberikan motivasi. Mungkin karena itu saya bisa menembak tiga poin yang menaikkan mental teman-teman," ungkap Brando.

Kemenangan atas Jawa Timur itu menjadi kemenangan kedua di Pool B PON XX Papua setelah sebelumnya, Rabu (29/9), mereka mengalahkan Kepulauan Bangka Belitung. Peluang mereka untuk lolos ke semifinal pun semakin terbuka.

Sulawesi Utara masih memiliki dua pertandingan sisa di Pool B, yaitu melawan Bali pada Selasa (5/10) dan Papua pada Rabu (6/10). 

Baca juga: Sulut tundukkan Babel 92-91 lewat babak "overtime" bola basket 5x5 
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021