Mimika (ANTARA) - Kontingen DKI Jakarta menambah keunggulan di klasemen sementara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan meraih medali emas ke-19 dari cabang olahraga judo lewat kemenangan Qori Amrullah Al Haq di nomor perorangan putra -73 kg, Kamis.

Qori menang "ippon" atau mendapat skor tertinggi atas judoka Jawa Barat, Iksan Apriyadi dengan sisa waktu satu menit 56 detik dalam laga yang berlangsung di Graha Eme Neme Yauware, Mimika, Papua.

Dengan hasil ini, maka Iksan harus berpuas dengan menyumbang medali perak bagi Jawa Barat. Sementara  medali perunggu diraih Edwin Tio Pratama dari Sumatera Utara dan Christian Hadi Soemarsoni dari Jawa Tengah.

Sebelum lolos ke babak final, Qori sempat bertemu Christian di babak semifinal yang berlangsung lebih alot dibanding partai puncak kontra Iksan.

Dalam laga semifinal, Qori juga mencatatkan skor "ippon" setelah sukses menjatuhkan Christian dalam "golden score" dengan sisa waktu 04:59.

Dengan hasil tersebut, DKI Jakarta untuk sementara unggul di puncak klasemen perolehan medali dengan 19 emas, delapan perak, dan 10 perunggu dengan total 36 medali.

Tuan rumah Papua menyusul di peringkat kedua dengan 13 medali emas, empat perak dan sembilan perunggu. Lalu di peringkat ketiga diduduki Jawa Barat dengan sembilan emas, sembilan perak, dan 16 perunggu, demikian dilansir data PB PON di laman resminya.

Baca juga: Ilham Fadillah amankan medali emas Judo perdana bagi Papua
Baca juga: Lampung yakin raih medali PON Papua dari judo
Baca juga: Tim PON Judo Bali latihan intensif jelang PON Papua

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021