Jayapura (ANTARA) - Atlet muaythai Lampung Mitra Waruwu yang turun di nomor tarung kelas 54 kilogram melaju ke final usai mengalahkan petarung dari Kalimantan Timur Stevanus Rival dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

Pertandingan antara kedua petarung di Gedung Olahraga (GOR) STT GIDI, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis itu berlangsung cukup seru.

Mitra pada babak pertama melakukan inisiatif serangan dengan lebih banyak tendangan ke arah bagian kaki dan badan lawan. Sementara Stevanus juga akfif melancarkan serangan pukulan ke arah wajah Mitra.

Pada babak kedua, Mitra sempat menjatuhkan atlet muaythai Kalimantan Timur itu dengan teknik dan kemampuan tendangan serta bantingan.

Baca juga: Lampung berharap medali pertama dari muaythai 

Stevanus bangkit di babak ketiga dengan inisiatif serangan pukulan dan tendangan ke arah badan dan kepala Mitra. Namun Mitra juga membalas pukulan lawannya itu.

Pada pertandingan itu, juri memberikan kemenangan mutlak untuk Mitra Waruwu.

"Alhamdulillah, kita lolos ke final. Mohon doa, dukungan seluruh kontingen dan masyarakat Lampung agar di final bisa kembali menang dan dapat medali emas," kata Pelatih Muaythai Lampung Khairil Annas.

Di pertandingan final nanti, Mitra Waruwu akan ditantang atlet Sulawesi Selatan Zul Bimantara.

"Kans Mitra untuk mendapat emas sangat terbuka. Mereka sudah pernah ketemu di seleknas dan Mitra menang," ungkap Khairil.

Baca juga: Malut berpeluang tambah medali PON Papua lewat cabang muaythai 
Baca juga: Muaythai PON Papua: Petarung Papua, Jatim dan Sumbar raih kemenangan


Usai pertandingan, Mitra menyampaikan terima kasih atas doa dan dukungan seluruh kontingen dan masyarakat Lampung.

"Terima kasih untuk semuanya, terutama pelatih yang sudah membina saya dari tidak mengerti muaythai, sampai bisa begini, juga kepada pengurus KONI dan cabang olahraga muaythai," ungkap Mitra.

Terkait persiapan menghadapi laga final, ia pun mengaku optimistis bisa memenangkan pertandingan.

"Sebelumnya sudah pernah ketemu dengan lawan saya di semifinal tadi, begitu juga Zul (atlet Sulsel calon lawan di final) di seleknas. Waktu itu saya menang. Jadi, sedikit banyak sudah tahu cara bertandingnya. Saya mohon doa dan dukungan agar bisa menyumbang emas untuk Lampung," harap Mitra. 

Baca juga: Atlet muaythai Sulsel tembus final PON Papua 
Baca juga: Ketum KONI Pusat terus ingatkan prokes di setiap arena pertandingan 

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021