PON Papua

Voli putri Jabar harus kehilangan satu set saat kalahkan Papua Barat

Voli putri Jabar harus kehilangan satu set saat kalahkan Papua Barat

Tim bola voli putri Jawa Barat melakukan latihan di GOR Voli indoor Koya Koso, Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Tim bola voli putri Jawa Barat menargetkan satu medali emas. ANTARA FOTO/Paramayuda/wsj.

Jayapura (ANTARA) - Tim bola voli putri Jawa Barat (Jabar) harus kehilangan satu set saat mengalahkan Papua Barat pada pertandingan babak grup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di GOR Koya Yoso, Jayapura, Kamis.

Anak asuh Risco Herlambang itu mengakhiri pertandingan dengan skor 3-1 (25-14, 25-14, 23-25 dan 25-20).

Tim bola voli putri Jabar yang merupakan salah satu unggulan untuk meraih medali emas itu tampil cukup dominan di set pertama. Nurlaili dan kawan-kawan terlihat mendikte pemainan Papua Barat dan dibuktikan dengan unggul cukup jauh 8-3 di technical time out pertama.

Ditambah dengan Ratri Walandari dan pemain senior Firda Wilda Nurfadilah, tim Jabar terus menguasai jalannya pertandingan hingga mampu mengakhiri set pertama dengan skor 25-14.

Memasuki set kedua, kondisi tidak jauh beda. Jawa Barat mendominasi jalannya pertandingan meski sang lawan, Papua Barat, mulai tampil rapi. Walaupun kembali kalah 14-25, tim Papua Barat telah menunjukkan kekompakan yang sempat membuat lawan kesulitan.

Baca juga: Tim voli putri Jabar siap raih hasil terbaik di lapangan terbaik 

Benar saja. Jabar yang di set ketiga tanpa Firda Wilda Nurfadilah dimanfaatkan dengan baik oleh Papua Barat. Tekanan demi tekanan dilakukan sehingga mampu membuat repot tim Jabar yang didominasi pemain kenyang pengalaman di Proliga. Papua Barat akhirnya merebut set ketiga dengan 25-23.

Tak ingin bermain lima set, Risco Herlambang kembali memasukkan Firda Wilda Nurfadilah. Hasilnya, mental pemain Jabar kembali naik. Ratri dan kawan-kawan mulai tersenyum meski lawan juga tidak kalah dalam melakukan tekanan.

Pelan tapi pasti, poin demi poin diraih. Banyaknya masyarakat yang mengenal para pemain menambah keseruan atmosfer pertandingan. Akhirnya, tim voli putri Jabar mampu mengambil set keempat, 25-20, dan membuat kedudukan akhir 3-1.

"Kami memang banyak menurunkan pemain lapis kedua karena saya ingin melihat perkembangannya. Mereka cukup bagus. Intinya, kami tidak ingin superior," kata pelatih tim putri Jabar Risco Herlambang usai pertandingan.

Menurut dia, yang terjadi di set ketiga sebenarnya tidak diharapkan. Pihaknya menilai Nurlaili dan kawan-kawan terlalu percaya diri sehingga set ketiga yang seharusnya dimenangkan malah diambil lawan.

Usai mengalahkan Papua Barat, tim Tanah Pasundan ini ditunggu oleh tim yang pantas untuk diwaspadai, yakni Jawa Timur pada Minggu (3/10). Sedangkan Papua Barat akan menghadapi Jawa Tengah, Jumat (1/10). 

Baca juga: Tim voli putra Papua butuh lima set untuk kalahkan Sulawesi Utara 
Baca juga: Jakarta janjikan bonus untuk tim bola voli PON Papua 


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dampak ekonomi PON & Peparnas capai Rp1,6 triliun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar