Optimalisasi digital dilakukan di berbagai sektor strategis

Optimalisasi digital dilakukan di berbagai sektor strategis

Tangkapan layar Sub Koordinator Layanan Pusat Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ichwanul Muslim dalam webinar "Peran Kebijakan Satu Data Indonesia dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional", Kamis, (30/9/2021) (ANTARA/Suci Nurhaliza)

Jakarta (ANTARA) - Optimalisasi digital dilakukan di berbagai sektor strategis untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, demikian Pranata Komputer Pertama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ichwanul Muslim.

"(Optimalisasi) di antaranya sektor pertanian dengan petani go digital, sektor maritim dengan nelayan go digital, sektor pariwisata dengan pelatihan pembuatan konten digital, sektor pendidikan tentang learning management system, dan sektor kesehatan tentang aplikasi IoT," kata Ichwanul dalam webinar "Peran Kebijakan Satu Data Indonesia dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional", Kamis.

Di sektor wisata, lanjut Ichwanul, Kominfo melakukan digitalisasi produk pariwisata di 200 desa wisata di lima Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Kemudian, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan virtual tour dan pelatihan Bahasa Inggris bagi pengelola.

Tak hanya itu, tambah Ichwanul, pelatihan ekosistem digital juga dilakukan bagi 1.000 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di DPSP dan Kabupaten penerima infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

"Kami juga mengembangkan portal pariwisata dan branding melalui Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia," imbuh Ichwanul.

Untuk UMKM, Ichwanul mengatakan Kominfo melakukan pendampingan untuk go digital dengan memanfaatkan teknologi yang telah tersedia.

Selain itu, lanjut Ichwanul, Kominfo juga melakukan kajian kebutuhan untuk intervensi teknologi, fasilitasi adopsi teknologi, serta peningkatan kesadardaran dan aktivitas transaksi melalui aplikasi teknologi finansial bagi UMKM.

Sementara itu, Ichwanul mengatakan ada beberapa target yang sedang diusahakan oleh Kominfo untuk mewujudkan Indonesia Digital pada 2021 hingga 2024.

"Ada arahan presiden terkait perluasan akses infrastruktur digital, mempersiapkan roadmap transformasi digital, mempercepat integrasi pusat data nasional, dan menyiapkan talenta digital dengan program Digital Talent, serta menyiapkan regulasi skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital," tutur Ichwanul.

Kominfo juga menargetkan ingin mengubah Indonesia dari konsumen menjadi produsen teknologi melalui investasi di berbagai platform yang memiliki nilai kepentingan strategis.

Adapun inisiatif utama Kominfo dalam jangka waktu tersebut, kata Ichwanul, adalah meningkatkan akses jaringan 4G di daerah wisata prioritas, memperkuat akses internet, hingga mengembangkan program pemerintah digital.


Baca juga: Pemerintah optimalisasi produktivitas ekonomi digital

Baca juga: BEI optimalisasi layanan digital picu peningkatan investor

Baca juga: Digipay solusi penyelamatan uang negara dan optimalisasi Program PEN

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Agar masyarakat tidak kaget saat UU PDP disahkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar