Menko Perekonomian lepas ekspor jagung 23 ribu ton dari Gorontalo

Menko Perekonomian lepas ekspor jagung 23 ribu ton dari Gorontalo

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto memecahkan kendi dalam rangka pelepasan ekspor jagung antar pulau sebanyak 23 ribu ton dari Pelabuhan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Kamis (30/9/2021). ANTARA/Debby Mano/aa.

Gorontalo (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melepas ekspor sebanyak 23 ribu ton jagung dari Provinsi Gorontalo, Kamis.

Menko Perekonomian bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, meresmikan pengiriman jagung antar pulau tersebut di Pelabuhan Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

Ekspor tersebut berasal dari PT.Harim sebanyak 6.500 ton melalui Pelabuhan Tilamuta dengan tujuan Jakarta, PT. Seger Pangan Sejahtera 0.000 ton melalui Pelabuhan Anggrek dengan tujuan Surabaya, serta PT.Charoen Porkphand Indonesia sebanyak 6.500 ton melalui pelabuhan Gorontalo dengan tujuan Makassar.

"Saya hadir di Boalemo ini karena instruksi Pak Presiden untuk melihat langsung panen jagung dan produksi jagung di Gorontalo,” katanya.

Menurutnya harga jagung di Gorontalo yang berkisar Rp3.800 hingga Rp4.800 per kilogram di tingkat petani termasuk tinggi, sehingga petani bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari komoditi tersebut.

“Pemerintah pro pada pertanian, sehingga kami akan mendorong masyarakat menanam jagung sebanyak mungkin dan menyediakan kredit usaha rakyat yang bisa dibayar saat panen,” tukasnya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady Mario mengatakan pada April hingga September 2021, ekspor jagung antar pulau telah dilakukan sebanyak 198 kali dengan total muatan 1. 236.000 ton.

Dalam waktu 10 tahun terakhir perkembangan produksi jagung di Gorontalo meningkat signifikan, yakni semula hanya 605. 781 ton dan saat ini mencapai 1,8 juta ton.

Ia menambahkan, total produksi jagung pada September 2021 mencapai 226.064 ton.

“Melihat kondisi di lapangan diperkirakan bulan Oktober sampai Desember nanti akan tersedia jagung kurang lebih 641.339 ton,” imbuhnya.

Baca juga: Tidak impor, pemerintah tugaskan Bulog pasok 30.000 ton jagung pakan

Baca juga: Mentan pastikan ketersediaan jagung di dalam negeri aman


Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkab Keerom kirim 15 ton jagung kering ke Blitar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar