Pemkab Sidoarjo yakin target vaksinasi 70 persen tuntas 3 hari lagi

Pemkab Sidoarjo yakin target vaksinasi 70 persen tuntas 3 hari lagi

Pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Tropodo, Waru Sidoarjo (ANTARA/Indra)

Capaian dosis pertama sudah 61,8 persen, sekarang naik terus
Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, optimistis target vaksinasi COVID-19 sebesar 70 persen dari 1,6 juta sasaran akan tuntas tiga hari lagi menyusul masifnya pelaksanaan vaksinasi di sejumlah tempat.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Kamis, mengatakan semakin cepat vaksinasi maka pemulihan ekonomi juga akan lebih cepat.
 
"Capaian dosis pertama sudah 61,8 persen, sekarang naik terus," katanya saat meninjau Serbuan Vaksinasi Koarmada II di Balai Desa Tropodo, Waru, Sidoarjo.

Baca juga: PTM SMP di Surabaya dialihkan sementara ke daring
 
Ia mengatakan rata-rata setiap hari pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sidoarjo mencapai 26 ribu dosis vaksin.
 
Dengan begitu, dirinya menyebut tiga atau empat hari lagi capaian Sidoarjo sudah 70 persen.
 
"Ini langkah menuju level satu PPKM sesuai Inmendagri," katanya.
 
Ia mengatakan dengan tercapainya vaksinasi sebanyak 70 persen maka potensi pemulihan ekonomi semakin terbuka karena beragam kegiatan bisa kembali dilakukan.

Baca juga: Ratusan narapidana Lapas Sidoarjo jalani vaksinasi COVID-19
 
"Tapi itu (level 1) juga tidak jadi jaminan untuk terbebas dari COVID-19, tetap harus menjaga prokes secara ketat," katanya.
 
Dalam vaksinasi tersebut, Koarmada II mendukung sebanyak 10.000 dosis vaksin. Sedangkan Dinas Kesehatan Sidoarjo mendukung dengan memberikan 15.000 dosis. Total, ada 25 ribu dosis yang disiapkan. Dosis vaksin tersebut siap disebar serentak di 10 titik di Sidoarjo.
 
TNI AL bersinergi dengan Kabupaten Sidoarjo menerjunkan 100 petugas kesehatan, 50 orang petugas pengisi data, ambulans dan perlengkapan pendukung lainnya.

Baca juga: Vaksinasi aglomerasi targetkan Surabaya Raya masuk PPKM Level 1
 
Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto menyebut vaksinasi tersebut perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI AL.
 
"Sampai saat ini sudah mencapai 20 ribuan untuk Sidoarjo saja, bentuk dari kebersamaan semua," ujar Iwan usai meninjau vaksinasi di Desa Tropodo.
 
Dirinya menyebut TNI AL terus mendongkrak capaian vaksinasi di Sidoarjo agar segera mencapai 70 persen. "Sebagai percepatan untuk mewujudkan pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Baca juga: 300 nakes Surabaya diperbantukan percepat vaksinasi di Sidoarjo

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polresta Sidoarjo ungkap perdagangan burung ilegal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar