Menteri Risma kunjungi lokasi banjir bandang Batu Merah-Bolmong

Menteri Risma kunjungi lokasi banjir bandang Batu Merah-Bolmong

Menteri Sosial Tri Rismaharini melihat lokasi bencana banjir bandang di Desa Batu Merah, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow. ANTARA/Karel A Polakitan

melihat kondisi jembatan dan alur sungai yang ikut berkontribusi menyebabkan luapan membawa material lumpur, pasir, batu dan pepohonan menggenangi permukiman warga.
Bolaang Mongondow (ANTARA) - Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengunjungi lokasi banjir bandang di Desa Batu Merah, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis.

Rombongan Menteri Sosial tiba kira-kira pukul 18.30 WITA di lokasi bencana setelah menempuh perjalanan darat kira-kira empat jam usai melakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo.

Di lokasi bencana Menteri Risma melihat kondisi jembatan dan alur sungai yang ikut berkontribusi menyebabkan luapan air yang membawa material lumpur, pasir, batu dan pepohonan menggenangi permukiman warga.

Setelahnya, Menteri bersama dengan Bupati Yasti Soepredjo dan jajaran terkait melihat bangunan tanggul di alur sungai yang jebol, bangunan sekolah TK, SD dan SMP yang dibangun di satu lokasi.

Menteri kemudian menuju ke tenda dimana ada sebanyak empat puluhan lebih anak korban banjir bandang mendapatkan dukungan layanan psikososial oleh Tagana utama dan pihak lainnya.

Puncaknya, Menteri menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang.

"Jadi ada lahan yang lebih save yang disiapkan oleh Bupati untuk dibangun rumah warga, akan dibantu juga oleh jajaran TNI dan polri," ujarnya.

Menteri menambahkan, hal prioritas yang harus dilakukan pascabanjir di desa tersebut yaitu dibangunnya bangunan pengaman di alur sungai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian.

"Kami akan saya sampaikan ke kementerian terkait," ujarnya.

Usai meninjau lokasi di Kabupaten Bolaang Mongondow, kira-kira pukul 19:30 WITA Menteri dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Manado untuk acara berikutnya pada esok harinya.
Baca juga: Pemprov Gorontalo bantu korban banjir di Bolmong Utara
Baca juga: Banjir bandang terjang Bolaang Mongondow Raya, Baznas berikan bantuan
Baca juga: BPJN XV Manado alokasikan Rp2 miliar atasi bencana Bolmong-Bolsel

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ke Pekalongan, Mensos Risma serahkan bantuan dan sidak BPNT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar