Pertama di Indonesia tuan rumah PON dari dua provinsi, antara Provinsi Sumut dan Aceh.
Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyatakan daerahnya terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Aceh dalam upaya mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Pertama di Indonesia tuan rumah PON dari dua provinsi, antara Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh," kata Musa Rajekshah, di Kota Medan, Kamis, saat menerima kunjungan Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin bersama beberapa anggota DPR Aceh lainnya, di Pendopo Wakil Gubernur Sumut, Kota Medan.

"Kami berharap dengan menjadi tuan rumah PON ini, maka berdampak secara ekonomi, berdampak juga secara pembangunan bagi kedua provinsi," kata Ijeck, sapaan akrab Rajekshah.

Dia menjelaskan kedua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) baik dari Sumut maupun Aceh terus menjalin komunikasi dan koordinasi terkait persiapan untuk menjadi tuan rumah PON akan datang.

Menurut dia, kedua daerah juga telah membahas pembagian cabang olahraga, sehingga sudah bisa dipersiapkan rencana pembangunan infrastruktur olahraga dari masing-masing cabang olahraga.

"Dan sekarang ini sudah dipastikan beberapa cabang olahraga di Sumut dan beberapa cabang olahraga di Aceh. Artinya kami sudah tahu persiapan infrastruktur dan venue olahraga itu," katanya pula.

Ia berharap dengan menjadi tuan rumah PON 2024, maka ke depan akan lahir talenta-talenta muda yang berprestasi baik dari Sumut maupun dari daerah Tanah Rencong Aceh.

"Setelah PON, artinya venue olahraga sudah terbangun, sudah ada fasilitas olahraga, dan harapannya kita bisa meneruskan, baik perawatan dan penggunaannya," katanya.

"Jadi para atlet bisa berlatih, sehingga PON selanjutnya di mana pun itu, kita mempunyai potensi atlet dengan cabang olahraga tertentu, dan sudah ada venuenya, dan harusnya dua provinsi ini menjadi gudangnya para atlet," kata Ijeck lagi.

Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin sangat mengapresiasi koordinasi dan komunikasi yang terus terbangun dari kedua provinsi tersebut dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah PON 2024.

"Kami harapkan mudah-mudahan berjalan dengan baik. Kami tunggu pelaksanaan dan persiapan infrastruktur dan venue, sehingga kami siap untuk melaksanakan PON mendatang," kata Safaruddin.
Baca juga: Aceh Tengah siap jadi tuan rumah PON 2024
Baca juga: Ekonom : PON 2024 bisa dorong pertumbuhan ekonomi Sumut

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021