Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Australia Julia Gilard mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas bantuan sebesar 1 juta dolar AS guna mengatasi dampak banjir di Queensland, Australia.

"Presiden menerima telepon dari Perdana Menteri Australia, Julia Gilard pada jam 12.30. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas komitmen kita untuk membantu pascarekonstruksi dan rehabilitasi," kata Staf Khusus Presidenan Bidang Hubungan Luar Negeri, Teuku Faizasyah di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis.

Menurut Faizasyah, Presiden Yudhoyono menjelaskan, bantuan kepada Australia adalah bentuk solidaritas Indonesia kepada Australia, negara yang selalu membantu Indonesia setiap kali diterpa bencana.

Pada pembicaraan itu, kedua kepala pemerintahan juga membicarakan kemungkinan pengiriman bantuan dari Indonesia untuk membantu proses pascarekonstruksi akibat bencana banjir di Queensland.

"Nanti pada waktunya akan dikirim tenaga sipil (ke Australia)," kata Faizasyah.

Faizasyah menjelaskan, Julia Gilard juga mengucapkan selamat untuk posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada 2011, sekaligus tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN dan KTT Asia Timur.

Gilard berharap Indonesia bisa melahirkan terobosan selama memimpin ASEAN. Untuk itu, kata Faizasyah, pemerintah Australia siap memberikan bantuan dan kerjasama yang dibutuhkan.(*)

F008/S023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011