HSN merupakan momentum bagi BPS untuk melakukan transformasi. Begitu besar harapan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'Ruf Amin serta menteri terkait, bagaimana BPS dituntut untuk menyediakan data berkualitas.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan bahwa Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada 26 Desember 2021 menjadi momentum bagi BPS untuk melakukan transformasi dari sisi pemberitaan.

"HSN merupakan momentum bagi BPS untuk melakukan transformasi. Begitu besar harapan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'Ruf Amin serta menteri terkait, bagaimana BPS dituntut untuk menyediakan data berkualitas," kata Margo saat menggelat konferensi pers secara virtual, Jumat.

Margo menyebut hal itu merupakan suatu bentuk dukungan sekaligus tantangan bagi BPS dan jajaran untuk selalu melakukan perbaikan dari berbagai aspek.

Baca juga: Wapres dorong BPS hasilkan data berkualitas

Menurut Margo, BPS akan melakukan transformasi dari berbagai sisi, salah satunya adalah terkait pengumpulan data yang dilakukan, di mana selama ini masih mengandalkan wawancara tatap muka.

Melalui wawancara tatap muka, pengumpulan sampel yang besar juga akan membutuhkan biaya besar. Selain itu, waktu dan kualitas pengumpulan data akan sangat ditentukan oleh para petugas.

Dalam hal ini, berbagai inovasi telah dilakukan, di antaranya melakukan wawancara secara online, meskipun belum berjalan secara mulus karena tingkat literasi masyarakat yang masih rendah.

"Ke depan, semangat transformasi BPS akan terus dilakukan, bagaimana pengumpulan data melalui wawancara bisa dilakukan dengan tatap muka dan online," ungkap Margo.

Baca juga: BPS ungkap arti penting statistik bagi pembangunan

Selain itu, lanjutnya, BPS juga akan mulai memikirkan bagaimana penggunaan data administrasi dan big data dapat digunakan sebagai sumber data baru untuk data statistik resmi.

"Kami akan mengoptimalkan sumber data baru baik dari data administrasi maupun big data," tukas Margo.

Hal tersebut dipandang penting karena akan mereduksi biaya dan waktu dalam menyiapkan berita statistik yang dihasilkan setiap periode.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021