Jayapura (ANTARA) - Tim atletik DKI Jakarta mengandalkan atlet muda pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sekaligus sebagai upaya menjaga regenerasi, kata manajer tim atletik DKI Jakarta Drs. Muriyanto, CHRMP kepada Antara, Jumat.

"Komposisinya 75 persen adalah atlet muda. Langkah ini dilakukan agar regenerasi atlet tetap terjaga," kata Muriyanto.

Meski menurunkan atlet muda, sambung Muryanto, mereka bisa bersaing dan optimistis dapat meraih hasil maksimal dalam pesta olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.

"Mereka berhasil melewati kualifikasi sebelumnya. Otomatis mereka layak dan mampu bersaing dengan atlet senior lainnya di PON Papua nanti," ujar Muriyanto menambahkan.

Baca juga: Tim atletik DKI Jakarta bidik delapan emas di PON Papua

Secara keseluruhan, skuad Ibu Kota berisikan 32 atlet yang akan turun di 25 dari 48 nomor yang dilombakan. Dari jumlah tersebut tujuh di antaranya merupakan atlet yang masuk dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

Seperti Frederick Saputra dan Diva Renata yang akan turun di nomor lompat galah putra dan putri. Selain itu, ada Jeany Nuraini yang dijadwalkan turun di dua nomor yakni 100meter putri dan estafet 4x100meter putri bersama dengan Emilia Nova.

Pada nomor 100meter putra ada dua nama yakni Bayu Kertanegara dan Wahyu Setiawan. Lalu satu nama lainnya adalah Odekta Elvina Naibaho yang bakal turun di tiga nomor yakni, 5000meter, 10.000meter, dan maraton.

Baca juga: Tujuh atlet pelatnas atletik perkuat DKI Jakarta di PON Papua

Dengan komposisi tersebut, Muriyanto mengatakan tim atletik DKI Jakarta mencanangkan target delapan medali emas. Mereka akan bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada 3 Oktober 2021 dini hari WIB.

Adapun perlombaan untuk atletik akan bergulir di Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika pada 4-15 Oktober 2021. "Kontingen DKI memang melakukan pemberangkatan secara bertahap menyesuaikan jadwal pertandingan," ujar Muriyanto.

Dia pun mengapresiasi atlet DKI Jakarta yang telah berjuang sehingga untuk sementara memimpin klasemen sementara perolehan medali. Hingga berita ini diturunkan, skuad Ibu Kota telah mengoleksi 21 emas, 12 perak, dan 13 perunggu.

"Atlet yang terlah berjuang dan meraih medali menginspirasi kami untuk bisa meraih hasil terbaik. Mohon dan dukungannya sehingga kami bisa memberikan hasil maksimal pada PON Papua ini," pungkas Muriyanto.

Baca juga: Dua misi Ken Ayuthaya untuk lari gawang DKI Jakarta di PON Papua
Baca juga: Pembuktian Jeany Nuraini dalam debutnya di PON Papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021