Timika (ANTARA) - Ribuan suporter, sebagian besar merupakan pendukung tuan rumah tim futsal Papua sempat tertahan dan berdesak-desakan di pintu masuk GOR Futsal Kabupaten Mimika di Jalan Poros SP2-SP5 Timika karena petugas memperketat pemeriksaan warga yang hendak menyaksikan langsung pertandingan babak semifinal cabang futsal PON XX Papua.

Pertandingan babak semifinal futsal PON XX Papua pada Jumat siang ini akan mempertemukan tim Provinsi Papua melawan Jawa Timur, dimulai sekitar pukul 14.00 WIT.
Aparat TNI-Polri memperketat pemeriksaan warga di pintu masuk arena GOR Futsal Kabupaten Mimika di Jalan Poros SP2-SP5 Timika, Jumat (1/10/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)

Kabag Ops Polres Mimika AKP Dionisius VD Paron Helan bersama sejumlah perwira Polres Mimika di antaranya Kasat Shabara AKP Rosman Latuconsina tampak berkali-kali memberikan pengarahan kepada massa untuk tertib masuk ke dalam arena GOR Futsal Mimika, tempat berlangsungnya pertandingan babak semifinal futsal PON XX Papua.

Bahkan petugas mengancam akan menutup pintu masuk arena GOR Futsal Mimika jika penonton yang hendak masuk tidak tertib dan saling mendorong.

Penonton yang diizinkan masuk ke arena GOR Futsal Mimika hanya dikhususkan bagi mereka yang memiliki tiket yang dipesan secara online, kartu identitas KTP, menunjukkan surat/kartu sudah vaksin COVID-19, menggunakan masker, anak-anak, ibu hamil dan lansia tidak diperbolehkan masuk.

Baca juga: Tim futsal Papua minta dukungan warga Mimika saat laga semifinal
Baca juga: Tim Futsal Sulsel buka peluang ke semifinal


Adapun untuk pertandingan babak semifinal futsal PON XX Papua, panitia penyelenggara membatasi jumlah penonton yang masuk ke dalam arena GOR Futsal Mimika maksimal hanya 300 orang sesuai kuota yang ditentukan yaitu hanya 25 persen dari kapasitas gedung yang mampu menampung hingga 3.000 orang.

AKP Dionisius mengatakan sebanyak 170 personel gabungan TNI-Polri dilibatkan untuk mengamankan jalannya pertandingan babak semifinal cabor futsal PON XX antara Tim Papua melawan Tim Jatim.

"Khusus untuk pertandingan babak semifinal futsal karena yang bertanding tim tuan rumah Papua maka sesuai atensi pimpinan harus kami perketat penonton yang akan masuk ke arena. Semua harus mengikuti prokes, penonton tidak boleh membawa barang-barang berbahaya ke dalam stadion seperti alat tajam, korek api maupun atribut-atribut lain. Ini semua demi tertibnya penyelenggaraan pertandingan," jelas Dionisius.
Apel pengamanan TNI-Polri menjelang pertandingan babak semifinal cabor futsal PON XX. (ANTARA/Evarianus Supar)

Usai pertandingan antara tim futsal Papua melawan Jawa Timur akan dilanjutkan dengan pertandingan antara Jawa Barat dengan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemenang kedua pertandingan babak semifinal itu akan maju ke pertandingan babak final futsal PON XX Papua untuk memperebutkan medali emas.

Baca juga: Jatim melangkah ke semifinal futsal

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021