Jakarta (ANTARA) -
TNI Angkatan Laut siap mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 dengan menggelar "Serbuan Vaksinasi" bagi masyarakat, termasuk vaksin untuk kelompok lanjut usia (lansia).
 
"Kami tidak pernah membedakan lansia atau masih muda. Semua warga yang ikut serbuan vaksinasi kami vaksin," kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono usai Peresmian Gedung Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (Aman Jaya), Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat.
 
Menurut dia, belum ada komunitas lansia yang secara khusus meminta untuk dilakukan vaksin COVID-19. "Kalau ada komunitas lansia, kasih tau kami. Kami akan datangi dan melakukan vaksin bagi komunitas lansia," ucap mantan Pangkogabwilhan I ini.
 
Yudo mengaku TNI AL sudah melakukan serbuan vaksinasi maritim untuk di daerah pesisir, kampung nelayan dan daerah terpencil serta di pulau-pulau. "Itu (vaksinasi) sudah mencapai 70 persen," ujarnya.
 
Tak hanya itu, TNI AL juga melakukan serbuan vaksinasi bagi pelajar mengingat saat ini sudah mulai dilakukan belajar tatap muka di sekolah.

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi di dua pesantren di Cirebon

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi COVID-19 di tengah perairan Teluk Jakarta
 
"Kami masuk ke sekolah-sekolah, pesantren-pesantren karena ini direncanakan akan dilakukan proses belajar mengajar tatap muka. Harapannya terjadi 'herd immunity', sehingga mereka bisa belajar dengan tenang karena sudah di vaksin," ujar Laksamana Yudo.
 
Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak kelompok lanjut usia (lansia) untuk segera melakukan vaksinasi mengingat kelompok ini memiliki tingkat risiko kematian paling tinggi akibat COVID-19.
 
"Mari kita antar dan kawal orang tua atau saudara yang sudah lanjut usia ke tempat vaksinasi terdekat. Bagi yang memiliki keterbatasan motorik, bantu agar lebih mudah mendatangi lokasi. Bila ada kekhawatiran lain seperti penyakit penyerta, temani mereka ke dokter untuk mendapatkan saran ahli," kata Menkominfo Johnny dalam pernyataannya, Senin (27/9).
 
Johnny G Plate meminta semua pihak berkepentingan termasuk keluarga untuk memastikan para lansia mendapatkan vaksinasi. "Pastikan mereka segera mendapatkan suntikan vaksinasi untuk menekan risiko sakit berat dan kematian. Kita ketahui bahwa para lansia memiliki risiko mortalitas tinggi."
 
Selain itu, Johnny juga meminta pemerintah daerah untuk menyusun strategi percepatan vaksinasi dan mengatasi kendala yang menghambatnya.
 
Per 27 September, tercatat baru 29 persen dari sasaran vaksinasi lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, yakni 6,25 juta orang dan lansia yang telah mendapatkan vaksin.

Baca juga: TNI AL sasar sentra ekonomi untuk vaksinasi massal COVID-19

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021