Menikmati indahnya "sunset" di Pantai Imbuti Merauke

Menikmati indahnya "sunset" di Pantai Imbuti Merauke

Warga menikmati keindahan alam Pantai Imbuti Merauke, Papua, Jumat (1/10/2021). ANTARA/Yogi Rachman.

Merauke (ANTARA) - Kabupaten Merauke yang menjadi salah satu klaster tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua memiliki beragam tujuan wisata menarik, salah satunya adalah Pantai Imbuti.

Pantai yang terletak di Buti, Kelurahan Samkai, Merauke itu menyajikan panorama alam yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pengalaman menyaksikan pemandangan matahari terbenam atau "sunset" dengan pemandangan Laut Arafura di kota paling timur Nusantara tersebut.

"Biasanya kalau hari Sabtu dan Minggu itu paling ramai pengunjung," kata salah satu warga setempat, Fatmawati, saat ditemui di lapak dagangannya yang berada di Pantai Imbuti Merauke, Jumat.
Warga menikmati keindahan alam Pantai Imbuti Merauke, Papua, Jumat (1/10/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Pantai Imbuti dikenal oleh warga lokal dengan nama lain Pantai Lampu Satu. Dinamakan demikian karena di pantai tersebut terdapat mercusuar sebagai pemandu kapal-kapal yang melintas.

Wisatawan tak hanya dapat menikmati keindahan Pantai Imbuti, namun juga melihat kesibukan masyarakat Kampung Bahari yang berprofesi sebagai nelayan dan juga pembuat kapal.

Pantai Imbuti juga memiliki kawasan konservasi mangrove seluas kurang lebih 30 x 50 meter dengan lebih dari 1.500 pohon mangrove yang ditanam.

Untuk dapat memasuki pantai Imbuti, wisatawan tak dikenakan biaya. Akses jalan menuju ke pantai tersebut juga sudah memadai. Baik kendaraan roda dua atau roda empat dapat masuk ke kawasan Pantai Imbuti.
Suasana galangan kapal di Pantai Imbuti Merauke, Papua, Jumat (1/10/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Hamparan luas pasir pantai berwarna coklat bertekstur lembut menyambut wisatawan yang baru tiba di pantai yang tak jauh dari pusat Kota Merauke tersebut.

Fatmawati mengatakan bahwa perhelatan PON XX Papua disambut baik oleh warga setempat yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan juga pedagang.

"Semoga semakin ramai yang datang ke sini," ujar Fatmawati.

Baca juga: Pedagang suvenir khas Merauke raup untung berkat PON Papua
Baca juga: Putra-Putri Merauke bangga terlibat sukseskan PON Papua
Baca juga: Warga berharap perhelatan PON XX Papua gairahkan pariwisata Merauke


 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Melihat satwa endemik Papua di Taman Nasional Wasur Merauke

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar