Bamsoet: Berlakukan sertifikasi vaksin di setiap mobilitas

Bamsoet: Berlakukan sertifikasi vaksin di setiap mobilitas

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. ANTARA/HO-MPR RI.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah terus memberlakukan sertifikasi vaksin di setiap mobilitas masyarakat, menyusul pergerakan masyarakat di berbagai sektor yang mulai mendekati keadaan sebelum pandemi mendera.

"Saya meminta pemerintah tetap memberlakukan sertifikasi vaksin di setiap mobilitas masyarakat, serta meminta petugas untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul berbagai pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, serta terus mengingatkan masyarakat dan pemerintah daerah bahwa pandemi belum berakhir," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia meminta seluruh pihak tanpa terkecuali, untuk tidak terlena dengan banyaknya pelonggaran yang diberikan pemerintah, dan diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pelonggaran tersebut dengan semaksimal mungkin, dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Baca juga: Ketua MPR tekankan pentingnya Pancasila sebagai mata pelajaran wajib

"Sebab, virus COVID-19 masih terus bermutasi dan bahkan diperkirakan oleh para ahli akan terjadi gelombang ketiga pandemi COVID-19 pada akhir tahun ini," kata dia.

Bamsoet juga meminta komitmen pemerintah dalam meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19, menjaga protokol kesehatan dan bekerja sama dengan petugas di lapangan untuk upaya pelacakan kontak, karantina hingga isolasi, sebagai upaya untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Dia mendorong pemerintah bersama masyarakat untuk saling bahu-membahu dalam menjaga konsistensi penurunan kasus COVID-19 agar tidak terjadi lagi lonjakan atau peningkatan dari situasi pandemi COVID-19 yang melanda.

Baca juga: Ketua MPR prihatin banyak PMI asal NTT meninggal di luar negeri
Baca juga: MPR apresiasi program tabungan persalinan warga miskin RSIA Malang

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar