Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan bahwa sistem dan pemimpin perkotaan berperan saat prediksi urbanisasi meningkat di seluruh dunia pada masa mendatang.

Menurut Anies, setidaknya ada 60,4 persen populasi dunia yang akan tinggal di perkotaan pada 2030 mendatang dan 68 persen populasi dunia akan tinggal di kota pada 2050.

Baca juga: Urbanisasi di tengah pandemi

"Dengan prediksi urbanisasi itu, peran kota akan penting bagi peradaban kita. Karena itu, peran sistem perkotaan dan pemimpin kota menjadi sangat penting, termasuk dalam menyikapi berbagai isu krusial lainnya terutama perubahan iklim," kata Anies saat acara webinar forum internasional "Climate Heroes" yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Terkait perubahan iklim, Anies menyoroti kondisi yang menjadi tantangan kota-kota di dunia dan mengajak seluruh pihak bertanggung jawab dalam mengurangi emisi karbon yang menjadi penyebab perubahan iklim di dunia.

"Terutama ketika kota ditantang oleh tantangan besar seperti pandemi COVID-19 dan perubahan iklim. Maka dari itu peran pemerintah, komunitas internasional juga memberikan perhatian yang signifikan pada kota-kota," tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dalam kesepakatan global seperti Perjanjian Paris dan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, tambah Anies, pemerintah kota diakui sebagai sekutu penting dalam mendorong masa depan yang lebih hijau, tangguh, dan berkelanjutan.

Baca juga: Pengamat: Pemerintah harus ciptakan urbanisasi berkelanjutan

"Kota itu juga bertanggung jawab untuk mengurangi emisi karbon global dengan melakukan tindakan di tingkat lokal," ucap Anies.

Anies juga memastikan Jakarta akan berkontribusi dalam mengatasi dampak perubahan iklim, dengan enam isu potensial yang perlu disoroti oleh Jakarta saat pandemi COVID-19.

Terlebih Jakarta akan menjadi tuan rumah Urban20 pada 2022 yang akan membahas isu potensial di era pandemi COVID-19.

"Kota memiliki ritme kehidupan yang dinamis, selalu berubah, dan berkembang. Dalam pengukuhan Jakarta sebagai tuan rumah Urban20 berikutnya, saya menyoroti enam fenomena kota usai pandemi yang harus diwaspadai," ungkap Anies.

Fenomena itu, yakni perumahan produktif (terjangkau)  masa depan industri properti, mobilitas berkelanjutan dan aksesibilitas inklusif terhadap mobilitas, kelangkaan pekerjaan dan masa depan pekerjaan, keterbatasan interaksi sosial, dan perhatian untuk peningkatan jumlah anak yatim akibat kematian orang tuanya karena COVID-19.

Baca juga: DKI serentak mendata pendatang baru pada 10 Juli

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021