Jayapura (ANTARA) - Para pesenam dari Provinsi Riau mendominasi kemenangan dalam kompetisi senam artistik beregu putra dan serba bisa perorangan putra dalam PON XX Papua di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Jumat.

Riau berhasil menyabet tiga medali yang terdiri dari dua medali emas dan satu medali perak dari kedua kategori pertandingan itu.

Tim Riau dalam kategori senam artistik beregu putra menerjunkan M. Tri Saputra, M. Aprizal, Agung Suci TA, dan Ibra Elbani untuk menaklukkan enam alat yaitu Senam Lantai (floor), Kuda Pelana, Gelang- gelang (rings), Meja Lompat (vaulting table), Palang Sejajar (parallel bars), dan Palang Tunggal (horizontal bars).

Baca juga: DKI Jakarta unggul di senam artistik serba bisa perorangan putri

Tim itu berhasil menciptakan poin total sebesar 220.950 poin sehingga bisa memastikan posisi pertama dan medali emas digenggaman mereka.

Posisi kedua untuk senam artistik beregu putra diisi oleh Provinsi Jawa Timur yang memiliki poin total 216.900, dengan menerjunkan Ronaldo Ferda Garda, Feroius One W., Dwi Samsul A, dan Agus Adi Prayoko.

Provinsi Papua sebagai tuan rumah mengisi slot ketiga untuk kategori beregu putra dengan total poin 214.700.

Baca juga: DKI Jakarta sabet medali emas untuk senam artistik beregu putri

Para pesenam yang bertanding untuk membela Papua di kategori itu ialah Audi Ashari, Septian Hutagalung, serta Abiyu Rafi.

Sementara dari senam artistik kategori serba bisa perorangan putra, Riau menyabet satu medali emas dan satu medali perak.

Medali emas diraih oleh M. Aprizal dengan total raihan 73.850 poin setelah menaklukkan keenam alat yang dilombakan.

Prestasi itu disusul oleh Tri Saputra yang juga berasal dari Riau dengan total raihan 73.700 poin.

Sedangkan diposisi ketiga, Papua diwakili oleh Audi Ashari mengisi posisi ketiga dengan total poin 73.400.

Baca juga: Jatim jadi lawan kuat Jakarta dalam senam artistik beregu putri

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021