Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting gagal menyumbang poin kemenangan bagi Tim Indonesia atas Malaysia pada laga perempat final Piala Sudirman 2021 yang digelar di Energia Areena, Vantaa, Finlandia.

Dalam pertandingan yang berlangsung Jumat malam WIB itu, Ginting takluk di tangan Lee Zii Jia dalam dua gim langsung 11-21, 16-21 sehingga kedudukan Indonesia sementara kini tertinggal 1-2 dari Malaysia.

Ini bukan kali pertama Ginting berhadapan dengan Jia. Sebelumnya, mereka pernah bersua di turnamen French Open 2019, Badminton Asia Team Championships 2020 dan BWF World Tour Finals 2020, dan Ginting memenangkan ketiga laga tersebut.

Baca juga: Kegagalan Ginting buat Indonesia tertinggal sementara 1-2 dari Denmark

Pada gim pertama, Ginting yang merupakan pemain peringkat kelima dunia itu memberikan perlawanan sengit di awal pertandingan. Kedua pemain saling berbagi poin hingga kedudukan imbang 4-4.

Sayangnya, selepas itu perlawanan Ginting mengendur. Perlahan tapi pasti, Jia terus menambah angka, sementara Ginting tak mampu mengimbanginya.

Beberapa kali Ginting juga melakukan kealahan sendiri sehingga menguntungkan lawannya. Ia semakin tertinggal, dari poin 5-15 sampai 9-19. Tak terkejar lagi, Ginting kalah 11-21 pada gim pertama.

Masuk gim kedua, Ginting bergerak cepat mengamankan poin-poin awal dan mendominasi permainan. Namun dominasinya tak bertahan lama karena Jia terus menempel ketat dan menyamakan kedudukan 7-7.

Jia yang kini berada di peringkat kedelapan dunia itu berjuang keras untuk membalikkan keunggulan dan usahanya pun berhasil. Selepas imbang 11-11, gantian Jia yang memimpin pertandingan.

Baca juga: Gregoria membawa Indonesia imbang 1-1 atas Malaysia di Piala Sudirman

Lagi-lagi Ginting tertinggal. Ia berulang kali gagal menghalau shuttlecock dari lawannya. Selisih semakin jauh, 15-20, dan Ginting tak berbuat banyak untuk menambah angka. Ia kembali menelan kekalahan 16-21 pada akhir gim kedua.

Dengan hasil tersebut, maka kedudukan Indonesia kini tertinggal sementara 1-2 dari Malaysia.

Sebelumnya, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo ditaklukkan oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik 12-21, 15-21.

Sementara tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung memetik kemenangan rubber game 22-20, 18-21, 21-19 atas Kisona Selvaduray.

Selanjutnya, masih ada dua wakil Garuda yang akan berlaga, yakni ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu melawan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menghadapi Hoo Pang Ron/Cheah Yee See.

Baca juga: Kekalahan Marcus/Kevin membuat Indonesia tertinggal 0-1 dari Malaysia
Baca juga: Pelatih: Tampil kurang greget penyebab kekalahan Marcus/Kevin


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021