Jakarta (ANTARA) - Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September yang lalu bisa menjadi kesempatan untuk mengapresiasi jasa petani dengan cara membeli produk-produk lokal. Dikutip dari siaran resmi Greenfields, salah satu cara untuk mengapresiasi petani yang bekerja keras menyediakan makanan yang dinikmati sehari-hari adalah membeli produk-produk mereka.
 
Banyak produk seperti kopi, nasi, buah dan sayuran bermerek lokal yang merupakan hasil kerja keras para petani Indonesia. Dengan membeli produk lokal, kita juga mendukung para petani Indonesia. Selain itu, memberi bantuan untuk para petani juga bisa jadi cara mengapresiasi. Cari yayasan atau gerakan yang bertujuan untuk membantu para petani, dari segi keuangan, kesehatan dan lainnya. Tanpa harus menjadi anggota, setiap orang bisa membantu para petani dengan menyisihkan uang untuk disumbangkan kepada para petani melalui yayasan atau gerakan tersebut.

General Manager Farm Operations, Greenfields Indonesia, Richard Slaney, mengatakan pihaknya saat ini punya dua peternakan di peternakan satu yang ada di Babadan dan peternakan dua Wlingi, Jawa Timur yang terletak di sekitar lahan kerja petani setempat.

Baca juga: Kementan: Regenerasi petani muda mulai terlihat

Richard mengatakan, pihaknya menghargai kerja keras petani di sekitar peternakan dan berusaha membantu mereka untuk maju bersama.

"Peternakan kami menghasilkan Pupuk Organik Cair (POC) dari manure sapi-sapinya dan POC ini dimanfaatkan oleh para petani di sekitar peternakan. Kami bekerja sama dengan 758 petani dari 7 dusun di sekitar peternakan. Saat ini, lebih dari 700 hektar lahan petani yang memanfaatkan POC dari kami untuk mempupuk rumput odot," jelas dia.

Rumput ini dibeli oleh Greenfields untuk pakan sapi, lanjut Richard. Setiap harinya, para petani menggunakan lebih dari 2.000 m³ Pupuk Organik Cair untuk lahan mereka. Pihaknya juga membagikan Pupuk Organik Cair perkebunan kopi di sekitar peternakan dua. Sebanyak 1000m3 POC dari Greenfields dimanfaatkan setiap untuk membantu menyuburkan lahan kopi seluas 500 hektar.

"Kami berharap kehadiran Greenfields di Babadan dan Wlingi dapat teru smemberikan dampak positif bagi warga setempat. Selain menjalankan kegiatan-kegiatan CSR, kami juga membantu membuka lahan pekerjaan bagi masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja untuk peternakan dan pabrik. Kedepannya, kami akan terus berkontribusi bagi masyarakat sekitar yang selama ini telah menyambut kami dengan baik," tutup dia.

Sejak 2011, Richard menyebut pihaknya telah menjalankan kegiatan CSR seperti perawatan saluran air hujan dari arah peternakan menuju kampung Dusun Maduarjo, donasi bantuan hewan kurban, menanam pohon untuk penghijauan hingga program bantuan susu sekolah untuk 19 sekolah dasar di kecamatan Ngajum dan Wagir. 

Baca juga: Empat hal yang harus disiapkan untuk piknik di rumah

Baca juga: Greenfields hadirkan empat varian baru minuman yogurt

Baca juga: Greenfields bagikan 14 keluarga reaktor biogas

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021