Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan menyalurkan bantuan hibah kendaraan roda tiga untuk Komunitas Sangga Buana yang dibina Chairuddin alias Babe Idin, aktivis lingkungan hidup di Jakarta Selatan.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, hibah kendaraan itu diserahkan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mewakili Ketua Umum Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Eriko mengatakan bantuan itu sesuai dengan semangat mendorong kaum muda milenial menjaga lingkungan hidup yang digelorakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Semoga kendaraan ini bisa dipergunakan untuk merawat lingkungan di sini. Dan menggerakkan kaum milenial untuk menjaga Kali Ciliwung Pesanggrahan di kawasan Jakarta untuk menjadi kali yang bersih, kali yang hidup, bermanfaat untuk masyarakat banyak," harap Eriko.

Kata Eriko, Megawati dan PDIP sangat mendorong para aktivis seperti yang dilakukan oleh Babe Idin dengan Komunitas Sangga Buana yang berisikan anak-anak muda. Selain itu, partai juga melihat bahwa anak-anak muda dan milenial memang harus dilibatkan dalam kegiatan menjaga lingkungan.

Baca juga: Megawati pimpin doa bersama untuk almarhum Sabam Sirait
Baca juga: PDIP berikan bantuan bagi kader PDIP yang meninggal akibat COVID-19
Baca juga: Megawati mengajak masyarakat ingat jasa pahlawan bangsa


“Bu Mega bisa melihat sesuatu yang kadang tak bisa kita lihat. Beliau memperhatikan betapa pentingnya milenial dan kaum muda sebagai perhatian utama, masa depan bangsa ini,” jelas Eriko.

Di Komunitas Sangga Buana, selain menjaga hutan dan normalisasi DAS, para anak muda diajak menanam dengan tanaman yang menghasilkan nilai ekonomis, seperti bambu, kopi dan porang.

Eriko mengatakan adalah komitmen dari PDIP untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan hidup. Apalagi di tengah ancaman krisis iklim akibat pemanasan global yang sudah nyata dihadapi seluruh dunia.

“Ini concern (perhatian) Ibu Mega. Beliau mengajarkan kami supaya tak hanya berpikir soal politik dan kekuasaan, namun keseimbangan kehidupan jauh lebih penting,” kata Eriko menegaskan.

Sejak awal tahun 2021, PDIP melaksanakan berbagai kegiatan pembersihan dan penanaman pohon di sepanjang DAS Ciliwung serta berbagai sungai lainnya di Jakarta.

Kegiatan itu merupakan bagian dari Gerakan Mencintai Bumi yang dipelopori partai tersebut. Selain DAS Ciliwung, PDIP juga melakukan gerakan senada dengan penghijauan di DAS Citarum.

PDIP juga secara rutin melakukan pengadaan dan hibah kendaraan serbaguna bagi kader maupun komunitas masyarakat yang terlibat aktif dalam kegiatan kemanusiaan maupun menjaga lingkungan hidup.

Pewarta: Fauzi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021