Presiden Jokowi berharap Sorong jadi daerah produsen utama pertanian

Presiden Jokowi berharap Sorong jadi daerah produsen utama pertanian

Presiden Joko Widodo melakukan penanaman benih jagung bersama sejumlah petani dari kelompok Tani Maju Makmur di Kelurahan Klamalu, Kecamatan Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Agus Suparto/aa.

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo berharap kabupaten Sorong, Papua Barat, dapat menjadi daerah produsen utama komoditas pertanian di Indonesia Timur.

"Di Provinsi Papua Barat memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai daerah produsen utama komoditas pertanian di Indonesia Timur. Di sini terdapat 11.000 hektare tanaman jagung di seluruh provinsi serta 7.000.000 hektare tanaman pangan dan hortikultura," kata Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Sorong, Papua Barat, Senin.

Presiden Jokowi datang untuk melakukan penanaman jagung di Kelurahan Klamesen, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut, antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta pejabat terkait lainnya.

"Ini lahan yang sangat luas tetapi memang termanfaatkan maksimal hanya 33 persen," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi pun meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk meningkatkan lagi produktivitas pertanian di Sorong dan seluruh kabupaten di Papua Barat.

"Agar meningkatkan kapasitas produksi, mengubah sistem tanam dari satu kali setahun jadi 2 atau 3 kali setahun agar kebutuhan pangan di tanah Papua bisa disiapkan oleh Pulau Papua sendiri," kata Presiden.

Presiden juga ingin mengajak petani-petani milenial untuk menjadi motor penggerak di sektor pertanian.

"Sudah dilatih oleh Pak Mentan sebanyak 800 petani. Akan tetapi, ditargetkan kurang lebih 2.000-an nanti akan kita selesaikan," kata Presiden.

Presiden Jokowi yakin bila para petani milenial diberikan kepercayaan, mereka akan mampu menciptakan ketahanan pangan utamanya di Provinsi Papua Barat maupun seluruh tanah air.

"Saya juga tadi lihat penggunaan teknologi pertanian, kemudian juga akan diberi akses untuk modal usaha, juga irigasi akan diperbaiki oleh Kementan dan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan teknologi pertanian," ucap Presiden.

Berbagai usaha tersebut, Presiden berharap dapat meningkatkan produktivitas komoditas pertanian.

"Utamanya memang yang ditanam hari ini semuanya jagung karena kebutuhan jagung kita untuk pangan dan makanan ternak masih membutuhkan tambahan," kata Presiden.

Setelahnya menanam jagung, Presiden Jokowi dijadwalkan menuju Gedung Serbaguna Yonif Raider Khusus 762/VYS, Kecamatan Sorong Timur, Kota Sorong untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar, masyarakat umum, dan lansia.

Presiden juga diagendakan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Papua Barat yang akan digelar di Kantor Wali Kota Sorong.

Pada siang harinya, Presiden dan rombongan terbatas akan menuju Bandar Udara Internasional Domine Eduard Osok, Kota Sorong, kemudian lepas landas ke Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi akan tanam jagung dan tinjau vaksinasi di Sorong

Baca juga: Presiden pastikan vaksinasi COVID-19 merata dari Sabang sampai Merauke

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden Jokowi angkat masalah Afghanistan dalam KTT ASEM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar