Fraksi PPP DPR minta aparat hukum jamin keamanan warga Yahukimo

Fraksi PPP DPR minta aparat hukum jamin keamanan warga Yahukimo

Anggota DPR RI dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi meminta aparat penegak hukum untuk menjamin keamanan warga Distrik Dekai, Yahukimo, Papua terkait kerusuhan beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, Baidowi mengatakan jaminan keamanan itu untuk menghindari tidak ada lagi korban jiwa dari warga sipil.

Baidowi juge meminta tindakan tegas perlu diperlihatkan untuk para oknum, yang sengaja menyulut kerusuhan dan mengambil keuntungan, dari situasi dan kondisi yang tak kondusif saat ini.

Baca juga: Polres Yahukimo periksa ASN diduga pemasok senjata KKB

"Saat ini di tanah Papua sedang digelar PON XX. Jangan sampai kasus di Yahukimo mengganggu perhelatan olahraga nasional tersebut dan mencederai semangat sportifitas para atlet yang berjuang untuk meraih prestasi," kata Baidowi menegaskan.

Baidowi berharap aparat hukum perlu menangkap aktor intelektual di balik kerusuhan Yahukimo dan meluruskan semua berita bohong atau hoaks yang sengaja dimanfaatkan kelompok tertentu untuk menyulut permusuhan dan kebencian.

Baidowi menyatakan kerusuhan di Yahukimo menewaskan sedikitnya enam korban jiwa. Kerusuhan itu berpotensi ditunggangi oleh kelompok separatis dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang ingin merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baidowi berharap dalam menangani kasus tersebut aparat hukum dan keamanan juga perlu memperhatikan hal-hal sensitif, agar kerusuhan tidak meluas. Karena kerusuhan pada awalnya terjadi di rumah ibadah dan dilakukan oleh kelompok suku tertentu.

"Sehingga dengan kehati-hatian namun tetap mengedepankan proses hukum yang adil tersebut, tidak memperluas kerusuhan pada isu SARA yang berpotensi semakin dimanfaatkan oleh KNPB dan kelompok separatis lainnya," harap Baidowi.

Baca juga: PPP tidak setuju usulan pemerintah terkait waktu Pemilu 2024
Baca juga: PPP Jakarta harapkan tempat ibadah kembali dibuka seperti biasa

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

DPR dorong Indonesia jadi pusat produsen halal dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar