Wamena (ANTARA) - Komandan Kodim 1702/Jayawijaya, Letnan Kolonel Infantri Arif Budi Situmeang, memastikan telah mengirim sejumlah personel atau babinsa untuk meningkatkan pengetahuan melindungi teritorial NKRI dari gangguan kelompok atau oknum tertentu.

Situmeang di Wamena, Senin, mengatakan, babinsa yang tersebar di sejumlah kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua yang masuk wilayah operasi Kodim 1702/Jayawijaya sudah dibekali pengetahuan teritorial itu.

Baca juga: TNI-anak jalanan Jayawijaya gotong royong bersihkan TMP

"Para bintara pembina desa ini sudah mendapat pendidikan kursus bintara teritorial di Bandung, jadi setelah mereka mempunyai surat perintah untuk melaksanakan jabatan sebagai babinsa, mereka tentu sudah siap,"katanya.

Ia sudah menginstruksikan babinsa tidak melupakan tugas pokok yang meliputi mengumpulkan dan memelihata data pokok aspek geografi, demogratif hingga soisal dan potensi di walayah setempat.

Baca juga: Kodim Jayapura salurkan bantuan bagi warga terdampak banjir Arso

Dalam rangka HUT TNI Ke-75, Kodim 1702/Jayawijaya bersama jajaran tidak menggelar kegiatan massal, karena pandemi Covid-19.

Peringatan HUT hanya dilaksanakan dalam kesederhanaan sebab selain pada masa pandemi, sebagian personel juga dilibatkan membantu pengamanan PON XX/2021 Papua.

Baca juga: Kodim 1702/Jayawijaya bantu korban banjir bandang Jayapura

"Jadi kita prajurit TNI hanya diwajibkan menonton dan nanti para muspida kami undang di Kodim 1702/Jayapura untuk kita menyaksikan secara virtual pelaksanaan upacara dari istana negara," katanya.

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021