Merauke (ANTARA) - Cabang olahraga catur pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, mempertandingkan kelas veteran yang diikuti oleh atlet berusia di atas 60 tahun.

Ketua Panitia Penyelenggara cabang olahraga catur PON XX Papua, Sonny Ronal Ropa, menjelaskan bahwa pertandingan kelas veteran itu baru pertama kali dilakukan.

"Ada satu kategori yang ditambah, yaitu kelompok umur di atas 60 tahun. Memang tadinya di PON sebelumnya itu tidak dipertandingkan," kata Sonny Ronal Ropa di Ballroom Swiss-bellhotel Merauke, Senin.

Sonny mengatakan bahwa cabang olahraga catur secara keseluruhan diikuti sebanyak 100 atlet dari 23 kontingen atau provinsi peserta yang akan memperebutkan 15 medali emas.

Dia mengatakan penyelenggaraan pertandingan catur pada masa pandemi COVID-19 mengikuti standar pelaksanaan Olimpiade dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Agak berbeda pertandingan ini dengan kemarin-kemarin. Kita memakai standar Olimpiade. Bertanding di masa pandemi COVID-19 memang agak ketat masuk ke ruangan. Pertama dari Satgas COVID-19 memeriksa seluruh kontingen atlet dan wasit wajib tes antigen," ujar Sonny.

Sebanyak tujuh cabang olahraga digelar di klaster Kabupaten Merauke,  yaitu sepakbola putri, anggar, wushu, catur, road race, gulat, dan motocross.

PON XX Papua yang digelar pada 2 - 15 Oktober 2021 secara keseluruhan mempertandingkan sebanyak 37 cabang olahraga dan 11 cabang olahraga eksibisi di empat klaster penyelenggaraan, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Baca juga: Satgas Protokol Kesehatan bagi ribuan masker di Mimika
Baca juga: Bupati Merauke dan Kapolda Papua buka pertandingan Catur PON Papua
Baca juga: Tim catur putri Papua targetkan emas pada PON XX

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021