Jayapura (ANTARA) - Tim sepak bola putra Aceh memastikan diri melaju ke babak 6 besar PON Papua setelah mengalahkan Kalimantan Timur dengan skor 3-2 di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (4/10).

Meskipun kalah, Kalimantan Timur juga berhak lolos ke babak 6 besar dengan status runner-up Grup C berkat unggul produktivitas gol dari Sulawesi Utara.
 
Gol Aceh dicetak oleh gelandang Riza Rizki, Akhirul Wadhan dan gol bunuh diri dari bek Kaltim Muhammad Rizky Ramadhan. Gol Kaltim dicetak oleh Agus Santoso dan Muhammad Rifaldi.
 
Babak pertama dimulai dengan Aceh yang mengambil inisiatif menyerang karena mereka membutuhkan kemenangan untuk bisa memastikan lolos ke fase selanjutnya.
 
Inisiatif menyerang dari Aceh ternyata membuahkan gol cepat yang dicetak oleh gelandang Riza Rizki di menit 6 yang membuat skor menjadi 1-0 untuk Aceh.
 
Kaltim berhasil menyamakan kedudukan ketika gelandang Muhammad Rifaldi di menit 25 ketika berhasil melesakkan bola ke gawang Aceh setelah menerima umpan dari sayap kiri.
 
Kalimantan Timur berhasil membalikkan keadaan melalui penyerang Agus Santoso yang melakukan tendangan ke gawang Aceh yang dijaga Kautsar Ramadhan menjadikan skor 2-1 pada menit ke-33.
 
Aceh mencoba menyamakan kedudukan melalui pergerakan gelandang Alvin Abdul Hakim Nasuy namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Kaltim.
 
Aceh terus melakukan upaya untuk menyamakan kedudukan dengan melancarkan serangan namun hingga babak pertama usai, skor 2-1 untuk Kaltim tetap bertahan.
 
Di babak kedua, Aceh mengamankan inisiatif menyerang terlebih dahulu dan penyerang mereka Akhirul Wadhan berhasil melepaskan tendangan keras namun masih melambung di atas mistar Kaltim.
 
Usaha Aceh akhirnya membuahkan hasil setelah penyerang Akhirul Wadhan pada menit 50 setelah memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Kaltim dan merubah skor menjadi 2-2.
 
Di sisi lain, Kaltim harus mengganti penjaga gawang mereka yaitu Andry Fathur Robby karena cedera yang digantikan oleh Agus Susanto.
 
Selanjutnya Aceh kembali unggul berkat gol bunuh diri dari bek Kaltim Muhammad Rizky Ramadhan yang salah mengantisipasi umpan dari penyerang Aceh Perda Rahman di menit 70.
 
Hingga pertandingan usai, Aceh bisa mempertahankan keunggulannya dan membuat mereka berhak lolos ke babak 6 besar PON Papua dengan status juara grup C.
 
Di sisi lain, Kalimantan Timur juga berhak lolos ke babak 6 besar dengan status runner-up Grup C berkat produktivitas gol yang dicetak lebih baik dari Sulawesi Utara.
 
Direncanakan fase babak 6 besar PON Papua cabang sepak bola putra akan digelar pada 6-10 Oktober di Stadion Mandala, Kota Jayapura dan Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Sulut tetap persiapkan diri jelang 6 besar sepak bola putra
Baca juga: Hasil PON Papua: tim sepak bola Kaltim tunda kepastian kelolosan Sulut

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021