Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan Dinsos Sulsel mempersiapkan logistik tambahan untuk korban banjir dan longsor di Kabupaten Luwu.

"Atas arahan dari Bapak Plt Gubernur, hari ini tim Tagana dinsos provinsi akan diturunkan sekaligus membawa bantuan," ujar Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Sulsel Herman di Makassar, Senin.

Dinsos Provinsi Sulsel tengah menyiapkan bantuan logistik tambahan untuk korban bencana di Luwu. Bahkan, selama beberapa bulan terakhir ini atau sejak Agustus 2021, bantuan dinsos untuk Luwu sudah keempat kalinya.

Ia menjelaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Luwu. Apalagi buffer stok logistik Dinsos Provinsi Sulsel telah didrop jauh hari sebelumnya ke kabupaten.

"Kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Luwu, agar segera ada tindakan di sana. Dan semalam sudah berada di lokasi (korban terdampak) membagikan bantuan," ujarnya.

Dinsos juga akan menurunkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu proses evakuasi korban bencana yang terjadi di Kabupaten Luwu.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memastikan bantuan dari Pemprov Sulsel untuk para korban terdampak.

"Mari kita semua mendoakan dan bergotong royong untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di Kabupaten Luwu," katanya.

Akibat hujan deras di beberapa wilayah di Luwu pada Minggu (3/10/2021) mengakibatkan longsor dan banjir. Bencana longsor terjadi di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat.

Sementara bencana banjir bandang terjadi di beberapa wilayah di Luwu, di antaranya Kecamatan Walenrang Utara, Kecamatan Lamasi Timur dan Kecamatan Walenrang Timur. Banjir yang diperkirakan setinggi 1-3 meter itu membuat lebih dari 100-an rumah terdampak banjir.

Tidak hanya dari Tagana Dinsos Provinsi Sulsel, kata dia, pihaknya juga meminta agar dukungan bantuan dari tim Tagana daerah sekitarnya, seperti Toraja Utara, Palopo dan Luwu Utara.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021